Profil Gregoria Mariska Tunjung, Tunggal Putri Indonesia Juara Japan Masters 2023

Profil Gregoria Mariska Tunjung, Tunggal Putri Indonesia Juara Japan Masters 2023

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Indonesia kembali patut berbangga, setelah salah satu putri bangsa menorehkan prestasi dalam ajang Japan Masters 2023 pada Minggu, 19 November 2023.

Sosok pebulu tangkis tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung dalam partai final di Kumamoto Prefectural Gymnasium, Kumamoto, Jepang, tampil luar biasa dan berhasil mengatasi perlawanan Chen Yu Fei dari China.

Chen Yu Fei sendiri merupakan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020. 

Melalui kemahiran pukulan yang memukau dan tipuan yang tak terduga atlet asal Wonogiri itu berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 21-12, 21-12 dalam waktu 40 menit.

"Faktor utama yang mengantarkan Gregoria menjadi juara Kumamoto Masters Japan 2023 itu karena dia memiliki keinginan yang sangat kuat dan tekad untuk menangnya luar biasa besar," tutur Herli sang Asisten Pelatih.

Selain itu, Gregoria mengandalkan teknik sebagai senjatanya dengan melepaskan pukulan yang bervariasi dan tidak terbawa pola permainan lawan.

Lawan Chen Yu Fei itu, Gregoria tidak boleh bermain kuat dan mengadalkan power. Gregoria harus menggunakan variasi pukulannya yang memang sulit ditebak lawan.

BACA JUGA:

Fakta Menarik Gregoria Mariska Tunjung, Juara Japan Masters 2023

Berikut beberapa Fakta menarik tentang Gregoria Mariska Tanjung yang berhasil dihimpun oleh redaksi Radarpena.

  1. Bergabung ke dunia Badminton sejak 2013

    Ia adalah pemain Pelatnas Cipayung sejak 2013 bersama Hana Ramadhini dan Fitriani. Gregoria menggemari badminton sejak kecil dan bergabung dengan PB Mutiara Cardinal Bandung. Sejak 2013, ia bahkan menjadi pemain Pelatnas Cipayung.
  2. Pernah mencetak sejarah di Kejuaraan Dunia Junior BWF

    Gregoria mencetak sejarah sebagai juara tunggal putri Kejuaraan Dunia Junior BWF 2017 di Yogyakarta setelah terakhir kali Indonesia menjadi juara pada seri pertama Kejuaraan Dunia Junior BWF di Jakarta tahun 1992 silam atas nama Kristin Yunita.
  3. Pernah Memenangkan Kejuaraan Asia Junior 2016

  4. Gregoria juga meraih medali perak di Kejuaraan Asia Junior 2016 di Bangkok, Thailand.

  5. Pernah Memenangkan SEA Games dan berhasil menjadi peraih medali perunggu SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia serta Sea Games 2022 di Bac Giang, Vietnam.

  6. Juara Spain Masters 2023

    Gregoria Mariska Tunjung berhasil meraih Juara Spain Masters 2023 setelah mengalahkan tunggal putri terbaik India, Pusarla V Sindhu, dalam partai puncak di Madrid, Spanyol, pada April 2023.
    Gregoria Mariska Tunjung menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang mampu menembus partai puncak Japan Masters 2023.

BACA JUGA:

Selain pencapaian di atas, Gregoria juga mengukir sejumlah prestasi di Tur Dunia BWF dan Kejuaraan Dunia Junior.

Bagi Gregoria, Japan Masters 2023 ini adalah gelar World Tour keduanya usai menjuarai Spain Masters 2023 pada April lalu sekaligus menjadi titel Super 500 perdananya.

Asisten Pelatih Tunggal Putri Indonesia, Herli Djaenudin, berharap, kesuksesan Gregoria melecut semangat pemain tunggal putri lainnya. 

"Tentu dengan keberhasilan Gregoria ini akan memiliki nilai positif," kata Herli dalam keterangan PBSI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: