Upaya Potensi Bengkulu Dilirik Investor, Gubernur Hadiri Paripurna HUT ke-55 Provinsi

Upaya Potensi Bengkulu Dilirik Investor, Gubernur Hadiri Paripurna HUT ke-55 Provinsi

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - -Pembangunan disuatu daerah dapat melejit jika banyak terjadi investasi alias penanaman modal disektor-sektor produktif. Tidak terkecuali di Provinsi Bengkulu yang kini sedang menapaki usia 55 tahun.

Menariknya Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bengkulu dibawah kendali Kepala Perwakilan Darjana getol memfasilitasi  investor tertarik datang kesini, dan itu semua mendapat support serta dukungan penuh dari Pemerintah Daerah.

Seperti halnya Bencoolen Regional Investment and Economic Forum (BRIEF) tahun 2023 dari Gagasan BI Perwakilan Bengkulu di Hotel Mercure beberapa waktu lalu. Gubernur Bengkulu turut hadir dari event yang sudah berlangsung kali ketiga di Provinsi Bengkulu.

Banyak sekali harapan yang disematkan dari kegiatan ini, antara lain investor ramai-ramai tertarik untuk  menanamkan modalnya. Provinsi Bengkulu banyak memiliki potensi yang tampak maupun yang masih tersembunyi yang membutuhkan eksplorasi lebih dan dan sudah pasti memberikan keuntungan.

BACA JUGA:

Dunia swasta terutama para investor diharapkan dapat meneguk informasi yang tepat terhadap kekayaan dan potensi alam yang dimiliki  Provinsi yang terkenal dengan Benteng Malborugh, Benteng paling besar nomor 2 peninggalan Inggris di Benua Asia. 

Beberapa potensi investasi yang ditawarkan oleh Provinsi Bengkulu seperti paket investasi pulau terluar Indonesia di Bengkulu, yaitu Pulau Enggano. Pulau tersebut memiliki potensi pengembangan budi daya kepiting bakau, ikan laut, wisata alam yang menarik.

Di Enggano, investor dapat berinvestasi paket lengkap, bisa membangun seperti lapangan golf, hotel dan sektor wisata yang lengkap seperti kawasan terpadu, sehingga hotel dan wisata ini benar-benar menjadi sebuah kawasan perhotelan khusus yang berada di kawasan Samudera Hindia

Kemudian, investasi yang menjanjikan selanjutnya, yakni eksplorasi panas bumi Geothermal Hulu Lais, pembangunan rel kereta api, dan kemudian kelanjutan pembangunan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau, yang akan menjadi akses penting dan potensial. 

BACA JUGA:

Termasuk di sektor jasa, beberapa program unggulan yang ada di Bengkulu hasil industri sektor perkebunan sudah mulai diolah dengan sangat baik. Terutama Kopi, Robusta Bengkulu yang mulai merambah pasar internasional salah satunya 5-6 outlet di Malaysia, yang tentunya mendapat sambutan yang sangat positif. 

jika komoditas kopi di Provinsi Bengkulu dipetakan dalam satu kawasan dan dengan standar mutu tujuan ekspor sehingga komoditas ini betul-betul memenuhi kebutuhan pasar. Jika sekarang, pengolahannya masih terpisah dilakukan kelompok - kelompok masyarakat. 

"Langkahnya mungkin, bisa dengan membina masyarakat petani kopi di daerah, dengan pendekatan manajemen perusahaan tapi tetap diberlakukan atau dibentuk koperasi petani.

Jadi hasil kebun petani dikumpulkan, kemudian diolah dalam suatu kawasan dan dibawa untuk memenuhi kebutuhan ekspor maupun nasional."ungkap Gubernur Bengkulu Rohidin yang diberi kesempatan memaparkan Potensi yang di Miliki Provinsi ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: