Jangan Anggap Sepele! Inilah Ciri-Ciri Anak yang Mengalami Stress

Jangan Anggap Sepele! Inilah Ciri-Ciri  Anak yang Mengalami Stress

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Stres pada anak dapat dilihat dari perilakunya salah satunya seperti, seperti mudah gelisah, mood cepat berubah, ketakutan berlebihan, sulit berkonsentrasi, menjauh dari teman atau bahkan menutup diri.

Beberapa penyebab stres yang umum dialami anak merupakan masalah dengan teman di sekolah, pertengkaran dengan orangtua, tekanan dari sekolah dan tempat kursus, pindah ke sekolah atau tempat tinggal baru, maupun rasa gugup menjelang perlombaan penting.

Tanda-tanda stres pada anak memang sulit diketahui, apalagi jika anak bukan termasuk yang mudah mengungkapkan apa yang sedang dirasakan atau dipikirkannya.

Berikut merupakan ciri-ciri stres pada anak yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Simak dibawah ini!

BACA JUGA:

Saat anak pulang sekolah dan langsung memalingkan kepala tanpa kontak mata, atau langsung masuk ke kamarnya tanpa mengobrol, kemungkinan besar ada suatu hal serius. Waspadai juga kondisi anak stres ketika ia yang biasanya menghabiskan waktu bersama teman lalu mendadak menolak kegiatan tersebut. Ketika anak menjadi penyendiri, hati-hati telah terjadi stres yang cukup berat dalam diri anak.

 

  • Merasa Takut

Salah satu gejala atau ciri-ciri anak stres adalah tiba-tiba jadi mudah takut. Misalnya jadi tidak berani sendiri, takut ruangan gelap, takut ditinggal orangtua, atau takut menghadapi orang asing. Jika sebelumnya anak adalah sosok yang cukup pemberani, perubahan ini bisa menjadi ciri-ciri bahwa anak mengalami stres. 

  • Tantrum Berlebih

Pada anak dengan usia yang lebih muda, stres akan diluapkan begitu saja lewat tantrum. Anak jadi lebih mudah rewel dan uring-uringan, dan akan semakin menjadi jika orang tuanya juga stres. Anak-anak memilih caranya sendiri untuk menunjukkan stresnya. Selain menutup diri, tantrum dan mudah menangis juga bisa dikategorikan sebagai tanda stres pada anak.

BACA JUGA:

Ketika anak mudah meledak emosinya dan mudah merasa tersinggung, mungkin ada yang tidak beres. Ciri stres pada anak sering ditampakkan sebagai perasaan marah dan iritabilitas. Coba perhatikan ketika anak meledak emosinya pada hal-hal yang biasanya tidak mengganggunya. Perubahan stabilitas emosi secara drastis dan mendadak tersebut perlu diwaspadai sebagai ciri-ciri anak sedang stres.

  • Perubahan Nafsu Makan

Nafsu makan anak bisa naik atau turun secara drastis karena stres. Bila anak susah makan, ia mungkin beralasan bahwa makanannya tidak enak atau sedang tidak lapar. Sementara kalau nafsu makannya naik, anak mungkin jadi lebih sering ngemil dan cepat lapar padahal sudah makan.

Demikianlah, informasi ulasan artikel diatas mengenai ciri-ciri pada anak yang terkena stress. Semoga artikel diatas dapat membantu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: