Rutin Konsumsi Sayur dan Buah Ini untuk Turunkan Darah Tinggi

Rutin Konsumsi Sayur dan Buah Ini untuk Turunkan Darah Tinggi

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tekanan darah tinggi atau Hipertensi merupakan jenis penyakit yang diam-diam mengidap seseorang. Penyakit ini sulit didiagnosa tanpa alat dan sekali menyerang, langsung merusak organ vital kita.

Bagi penderita hipertensi, obat darah tinggi alami paling utama adalah menjaga diet sehari-hari. Artinya, menjauh dari jajanan luar, garam berlebihan, dan makanan cepat saji. Obat generik memang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi, tapi bersifat sementara dan tidak mengobati sumber masalah.

Karena itu, penting banget untuk mengetahui jenis makanan yang dapat menurunkan darah tinggi. Biasanya, makanan ini dipenuhi dengan mineral seperti potasium, kalsium, dan magnesium yang berdampak positif untuk pasien hipertensi.

BACA JUGA:Merasa Tenggorokan Kering Seperti Radang? Tenang! Bisa Disembuhkan Tanpa Obat, Begini Caranya

BACA JUGA:Waspada! Virus JE Tanpa Gejala Namun Bisa Sebabkan Kematian, Pahami Gejala dan Cara Pengobatannya

Sayur dan Buah Penurun Darah tinggi

Berikut ini makanan yang secara ilmiah terbukti ampuh meredakan tekanan tinggi:

1. Sayuran segar

Sayur memang memiliki reputasi baik untuk kesehatan. Tidak heran mengapa makanan ini dijadikan obat darah tinggi alami. 

Untuk menurunkan darah tinggi, pilihlah sayur dengan daun hijau gelap seperti kale, arugula, dan bayam. Sayuran ini mengandung mineral potasium dan magnesium yang terbukti ampuh menjaga tekanan darah stabil dan sehat. 

2. Bawang Putih

Rasa dan aroma harum bawang putih umumnya digunakan dalam berbagai makanan khas Indonesia. Selain membuat makanan jauh lebih nikmat, properti antibiotik bawang putih kerap dijadikan obat alami untuk berbagai penyakit. Salah satunya tekanan darah tinggi. 

3. Rempah-rempah

Penderita darah tinggi pasti tahu pentingnya mengurangi garam dalam masakan. Nah, rempah-rempah bisa kamu jadikan bumbu masak agar makanan tetap nikmat loh. Selain lezat, kabarnya beberapa rempah dapat membantu menurunkan darah tinggi untuk sementara. Banyak pilihan rempah yang mudah sekali ditemukan di Indonesia, antara lain kayu manis, daun kemangi, dan kunyit. Kamu tidak perlu lagi mengonsumsi makanan membosankan, karena setiap rempah memiliki aroma dan rasa yang unik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: