Daftar 10 Negara Favorit yang Menjadi Tujuan WNI Bekerja, Ternyata Ini Keuntungan Hingga Diminati

Daftar 10 Negara Favorit yang Menjadi Tujuan WNI Bekerja, Ternyata Ini Keuntungan Hingga Diminati

Selanjutnya, Pemerintah juga memberikan pembebasan beberapa biaya yang harus dibayarkan oleh PMI seperti biaya preliminary untuk jenis pekerjaan tertentu, biaya penempatan bagi PMI pada 10 jenis jabatan yang cukup rentan, biaya tiket keberangkatan dan pulang, visa kerja, legalitas perjanjian kerja, pelatihan kerja, sertifikat kompetensi kerja, jasa perusahaan, pengganti paspor, jaminan sosial pekerja migran, pemeriksaan kesehatan, transportasi, hingga akomodasi.

Selain manfaat dari pemerintah, pekerja migran banyak diminati karena keuntungan finansial yang akan didapatkan oleh para pekerja. Ada beberapa keuntungan lain yang akan didapatkan yakni sebagai berikut:

1. Meningkatkan Taraf Hidup

Perlu diketahui bahwa upah yang diterima oleh para pekerja migran akan berdampak pada peningkatan ekonomi keluarganya yang tinggal di Tanah Air sehingga taraf hidup yang dimiliki pun meningkat.

2. Mendapatkan Modal Usaha

Biasanya para pekerja migran akan mengumpulkan upah yang didapatkan selama ia menjadi pekerja migran kemudian akan digunakan sebagai modal usaha saat pulang ke Indonesia. Modal yang dimiliki pun cukup besar sehingga dapat digunakan untuk membangun bisnis dengan skala yang besar pula.

3. Memperluas Jaringan

Salah satu keuntungan yang juga bisa dimanfaatkan oleh pekerja migran adalah jaringan luar negeri yang ia dapatkan. Jaringan tersebut tidak akan dimiliki oleh pekerja domestik di Tanah Air.

4. Mengasah Keterampilan Baru

Pekerja migran biasanya akan mendapatkan keterampilan baru baik yang ia pelajari dari pelatihan maupun dari tempat ia bekerja. Keterampilan tersebut bisa jadi nilai tambah bagi tiap individu sehingga saat bekerja ia memiliki daya tawar yang tinggi secara ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: