Menggoreng Tempe Tapi Mengapa Berminyak, Ini 5 Cara Menghindari, Supaya Tempe Lebih Kering

Menggoreng Tempe Tapi Mengapa  Berminyak, Ini 5 Cara Menghindari, Supaya  Tempe Lebih Kering

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID. Makan tempe goreng , paling nikmat saat tempe digoreng minyak tidak terserap alias tidak berminyak. Cara yang baik dan benar guna menghasilkan gorengan tempe tidak berminyak harus dipahami. 

Hanya saja, tidak semua Ibu rumah tangga (IRT) dan remaja Putri mengetahui cara menggoreng tempe agar hasil gorengannya kering alias tidak berminyak (minyak tidak terbawa masuk ke dalam tempe). 

Kandungan Gizi di dalam tempe lebih baik dibandingkan dengan kedelai dan produk turunan lainnya. Kandungan tersebut diantaranya ialah Vitamin B2, Vitamin B12, Niasin dan juga asam pantotenat, bahkan hasil analisi , Gizi tempe menunjukkan kandungan niasin sebesar 1,13 mg/100 gram berat tempe yang dimakan.

Kita dapat menghindari hal seperti demikian, kalau mengetahui trik-trik menggoreng tempe, dan hasilnya tempe tidak berminyak (Temp kering). 

Berikut cara yang baik dan benar agar tempe tidak berminyak sewaktu digoreng:

1. Goreng tempe saat minyak sudah benar-benar panas.

Cara yang pertama sebelum memasukkan tempe ke dalam wajan, usahakan minyak sudah dalam kondisi panas. Minimal 2- 5 menit setelah minyak di masukkan ke dalam wajan. Setelah itu  barulah,  tempe yang sudah di iris-iris serta diberi garam dan penyedap rasa  dimasukkan satu per satu dan agak sedikit cepat.

Tujuan menunggu menggoreng tempe setelah minyak panas adalah agar tempe lekas matang, dan kering, alias minyak tidak sempat merembes ke sela-sele tempe.

BACA JUGA:

2. Potongan (Irisan) Tempe jangan terlalu tebal

Agar saat digoreng tempe tidak berminyak, sesuai ukuran ketebalan tempe. Jangan menggoreng tempe terlalu tebal, selain membuat tempe lambat matang, juga bisa membuat tempe berminyak (meresap).

3. Beri rongga-rongga ditempe

Cara berikutnya agar tempe tidak berminyak, sebelum digoreng beri rongga-rongga dengan memakai ujung pisau. Tujuannya agar tempe lekas matang, bumbu lebih meresap dan tidak berminyak, 

4. Bolak-balikkan Tempe

Cara berikutnya agar tempe tidak berminyak saat digoreng dengan membolak-balikkanya. Selain kematangan tempe lebih merata, juga menghindari tempe tidak berminyak.

BACA JUGA:

5. Gunakan Wajan yang lebih besar dan bersih

Cara yang terakhir adalah, pergunakan wajan yang lebih besar dan bersih. jangan menggunakan wajan sisa-sisa penggorengan lain seperti menggoreng daging, ikan dan lainnya. Jika itu dilakukan bisa membuat tempe berminyak saat digoreng. Selain itu menggunakan wajan yang bersih, akan membuat minyak tidak tergenang, yang bisa membuat tempe menjadi berminyak.

Itulah cara bagaimana menggoreng tempe sehingga tidak berminyak. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: