7 Kata-Kata Terlarang yang Diucapkan Orangtua Kepada Anak Menurut Ahli

7 Kata-Kata Terlarang yang Diucapkan Orangtua Kepada Anak Menurut Ahli

Yang anak pikirkan: “Mungkin saya akan dihukum di rumah. Ibu dan ayah membenci saya. Saya tidak ingin pulang ke rumah.”

Saat anak melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan ekspektasi orang tua di ruang publik, usahakan untuk menyelesaikannya saat itu juga dengan cara mendidik anak yang baik, sekalipun ibu dan ayah mungkin akan menjadi pusat perhatian. Jangan menunda ‘hukuman’ baru saat sampai di rumah karena semakin lama anak merasa dimusuhi orang tuanya, selama itu juga pikirannya tidak tenang sehingga anak bisa menjadi stres.

Menunda hukuman bagi anak hingga saat tiba di rumah juga bisa membuat anak mengasosiasikan rumah sebagai tempat yang menakutkan, padahal rumah seharusnya menjadi tempat anak untuk mencari perlindungan. Cara mendidik anak yang tidak sehat seperti ini sebisa mungkin dihindari untuk mencegah perasaan anak terluka dalam jangka panjang ya, Bu.

Yang seharusnya orang tua katakan: “Ibu marah kalau kamu melakukan hal ini karena itu tidak baik.”

Jelaskan segala hal, sekalipun hal-hal yang tidak disukai orang tua, dengan rasional. Dengan cara mendidik anak seperti ini, anak diharapkan tidak akan mengulangi hal yang sama di kemudian hari, salah satunya karena tidak ingin menyakiti perasaan orang tuanya.

7. “Kamu tidak akan mengerti karena masih anak-anak.”

Yang anak pikirkan: “Saya benar-benar ingin tahu. Saya akan bertanya kepada orang lain.”

Anak suka bertanya banyak hal, sekalipun itu adalah hal yang tidak masuk akal. Tetapi, merupakan tugas orang tua untuk selalu menyediakan jawaban atas pertanyaan anak tersebut. Jika tidak, ia akan menanyakan hal yang sama kepada orang lain dan mungkin mendapatkan jawaban dari orang yang kurang kompeten.

Yang seharusnya orang tua katakan: “Ibu belum tahu jawabannya, nanti kita bahas sama-sama ya.”

Jangan abaikan pertanyaan anak agar tidak kehilangan kepercayaan anak. Jika memang ibu dan ayah belum mengetahui jawabannya, jelaskan hal itu kepada anak dan kalau perlu ajak anak untuk mencari jawabannya bersama-sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: