Resep Sambal Tumpang, Makanan warisan Turun-Temurun yang Punya Sejarah dan Filosofinya

Resep Sambal Tumpang, Makanan warisan Turun-Temurun yang Punya Sejarah dan Filosofinya

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Sambal tumpang adalah masakan yang dibuat dari bahan dasar tempe. Dahulunya, Sambal tumpang menjadi salah satu menu penting dalam acara siraman calon mempelai perempuan. Apakah menu ini memiliki makna?

Sambal tumpang adalah makanan yang terbuat dari campuran tempe segar dengan tempe yang over fermentation. Orang Jawa menyebutnya tempe bosok. Betapa kreatifnya masyarakat Jawa zaman dulu untuk mengolah bahan makanan yang tersedia.

Di Jawa, menu ini kerap disajikan dengan sayuran atau disebut juga dengan pecel tumpang (dari Kediri), sedangkan di Jawa Tengah, menu ini disajikan dengan koyor.

BACA JUGA:

Ternyata sambal tumpang sudah ada sejak zaman kerajaan Nusantara. Menu ini tertera dalam Serat Centhini dari tahun 1814 sampai 1823. Dalam naskah tersebut disebutkan sambal tumpang ada di bumi Mataram.

Jika tertera dalam serat di tahun sekian, bisa disimpulkan pula kalau menu ini bisa jadi sudah ada sejak lebih lama dari catatan tersebut.

Menu ini tetap bertahan hingga saat ini karena resep yang diturun temurunkan, dan didukung pula dengan bahan yang mudah sekali didapatkan.

Sambal tumpang dalam acara siraman itu menjadi simbol harapan keberkahan Allah temumpang bagi kedua mempelai. Dari Namanya tumpang yang berasal dari temumpang yang artinya di atas.

Sambal tumpang adalah simbol harapan agar kedua mempelai di masa yang akan datang selalu berada di posisi atas. Posisi di atas yang dimaksud adalah kesuksesan, kesejahteraan, dan hal-hal baik dalam kehidupan.

BACA JUGA:

Resep Sambal Tumpang Dengan Cita Rasa yang Unik

Sambal Tumpang merupakan sajian berkuah yang terbuat dari tempe semangit atau tempe yang sudah melampaui masa matangnya, sehingga menghasilkan aroma yang cukup tajam. Cita rasanya gurih berkat penambahan santan dan racikan rempah lainnya yang bersanding apik dengan aroma semangit tempe.

Begini resep dan cara pembuatannya:

Bahan:

  • 1 liter air
  • 150 g tempe semangit
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 4 buah cabai rawit merah
  • 6 cm kencur
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 8 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 250 ml santan sedang
  • 1 sdm gula merah, sisir halus
  • 1½ sdt garam

Cara membuat:

  1. Dalam sebuah panci besar, masak air hingga mendidih. Masukkan tempe, cabai merah keriting, cabai rawit merah, kencur, bawang merah, dan bawang putih, masak hingga layu. Angkat, tiriskan. Simpan air sisa rebusannya.
  2. Masukkan bahan-bahan yang sudah direbus ke dalam cobek atau food processor, gerus halus atau proses hingga halus.
  3. Masukkan kembali bahan yang sudah dihaluskan ke dalam air sisa rebusan, tambahkan daun jeruk, daun salam, dan lengkuas, masak dengan api sedang hingga mendidih.
  4. Masukkan santan, gula merah, dan garam, aduk rata. Teruskan memasak sambil ditimba-timba hingga bumbu meresap. Angkat, sajikan segera.

Bagaimana sangat mudah bukan untuk membuatnya, terlebih bahan yang digunakan sangat mudah. Menu Sambal Tumpang sangat cocok disajikan sebagai menu pendamping untuk segala jenis makanan. Dan pastinya membuat keluarga jadi nafsu makan.

Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: