Simak Cara Mendidik Anak agar Rajin dan Sukses ala Buya Yahya

Simak Cara Mendidik Anak agar Rajin dan Sukses ala Buya Yahya

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Prof. KH Yahya Zainul Ma'arif, Lc MA PhD, atau yang dikenal sebagai Buya Yahya, menjelaskan bahwa proses mendidik anak dalam Islam dapat dimulai sejak dalam kandungan.

Buya Yahya menyampaikan dalam mendidik seorang anak tidak perlu dengan marah, karena hal ini sangat penting. Ketika anak dianggap melakukan perbuatan yang berlebihan, kata Buya Yahya orangtua spontan marah.

Memiliki anak yang baik akhlaknya, penurut dengan orangtua dan rajin belajar tentu dambaan sebagian besar para orangtua. Namun, dalam mewujudkan hal itu, pastinya orang tua diharuskan mendidik anak dengan pola tertentu.

Menurut Buya Yahya, sikap orangtuan yang terlalu keras untuk mendidik anak tidak pantas dilakukan karena akan mengganggu mental anak.

BACA JUGA:

"Tidak semestinya kita memperlakukan anak dengan seperti itu. Dengan kekerasan, dengan kalimat yang keras. Astagfirullah, kita harus melakukannya dengan kelembutan," kata Buya Yahya.

Menurut Buya Yahya perbanyaklah sikap lemah lembut kepada anak. Orangtua dirasankan wajib memohon pada Allah SWT, karena Allah merupakan tempat memohonnya seorang hamba.

Memohonlah dengan berdoa kepada Allah SWT agar diberi anak yang berakhlak baik, pintar dan sebagainya.

"Pertama, memohon kepada Allah SWT," ucap Buya Yahya. 

Ajaklah anak berbaur dengan lingkungan yang agamanya kental. Libatkan juga anak dalam hal-hal keagamaan seperti pengajian misalnya. 

Jadi saat kita para orang tua mendidik anak dengan perilaku lemah lembut, maka nantinya akan dicontoh oleh anak. Namun sebaliknya demikian.

Buya Yahya menambahkan sifat kasar, nasihat yang disampaikan orangtua pasti sudah tidak akan didengar lagi oleh anak.

"Tidak hanya itu, omongan anda bisa jadi tidak akan didengar oleh anak," tambah Buya Yahya.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: