Ternyata Ini Lho 5 Bahan Alami yang Bisa Mengobati Gatal pada Kulit

Ternyata Ini Lho 5 Bahan Alami yang Bisa Mengobati Gatal pada Kulit

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ternyata ada olahan alami dari bahan dapur yang bisa mengatasi gatal kulit tubuh. Gatal pada kulit tubuh kita banyak penyebabnya,ada dari alergi, gigitan serangga atau kondisi medis tertentu.

Biasanya kita reflek untuk menggaruk apabila gatal datang. Hal ini malah bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan bisa menyebabkan masalah medis yang serius.

Ada banyak obat medis yang bisa kamu pakai apabila di serang penyakit gatal. Tapi ternyata ada juga alternative olahan berbahan dasar bahan yang ada di dapur kita yang bisa di jadikan obat pereda gatal.

Di artikel RadarPena kali ini kita akan informasikan obat gatal berbahan dasar bahan dapur, dan ternyata sudah di kenal sejak lama khasiatnya. Berikut beberapa bahan dapur yang bisa di jadikan alternative pengobatan gatal tubuh.

1.  Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat, yang telah digunakan orang selama ribuan tahun sebagai disinfektan dan antiseptik luka alami.

BACA JUGA:

Selain itu, cuka apel mengandung enzim tertentu yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit. Sifat anti-inflamasi yang dimilikinya mampu mengurangi gejala gatal, sementara sifat antimikrobanya bisa mencegah infeksi.

Cara menggunakan cuka apel sebagai obat gatal juga sangat mudah, tambahkan dua cangkir cuka apel ke dalam air mandi dan berendamlah selama 15 hingga 20 menit.

Perlu diperhatikan bahwa cuka dapat menyebabkan sensasi terbakar pada luka terbuka. Orang dengan kulit pecah-pecah dan berdarah harus menghindari perawatan alami dengan cuka apel.

2.  Baking Soda

Selain digunakan untuk membuat kue, baking soda atau soda kue juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati gatal. Soda kue memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan dan rasa gatal pada kulit. Sifat basa dari soda kue juga bertindak sebagai penetral asam alami, yang dapat membantu menenangkan kulit. 

Hal yang bisa dilakukan untuk mengobati gatal dengan baking soda adalah dengan menambahkan secangkir soda kue ke dalam air mandi dan biarkan larut.

Kemudian, rendamkan diri di dalam air selama 15 hingga 20 menit. Penggunaan baking soda juga berbahaya jika dipakai pada luka terbuka.

3.  Minyak Wijen

Mengutip StyleCraze, minyak wijen kaya akan sumber antioksidan yang sangat bagus untuk kulit. Minyak ini juga dikenal dengan sifatnya yang mampu mengurangi peradangan yang terbukti sangat bermanfaat dalam menenangkan kemerahan dan gatal pada kulit.

Selain mudah didapatkan, cara memakai minyak wijen untuk meredakan gatal juga mudah. Oleskan minyak wijen ke area yang gatal setelah mandi atau bisa juga dengan memijit seluruh badan yang telah diolesi minyak wijen. 

4.  Daun Mint

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: