Update Terbaru Perang Israel Palestina Hari ke -34,Warga Evakuasi Diri dan Milisi Hamas Ternama jadi Korban

Update Terbaru Perang Israel Palestina Hari ke -34,Warga Evakuasi Diri dan Milisi Hamas Ternama jadi Korban

Israel menuturkan Zina disebut ahli mengembangkan senjata strategis, termasuk roket.

BACA JUGA:

Dilansir Al Jazeera, warga sipil yang terdiri dari anak-anak, perempuan, dan orang lanjut usia itu berjalan sambil mengibarkan bendera putih.

Kemarin, PBB mengatakan sekitar 15 ribu warga Palestina meninggalkan Gaza utara sehari sebelumnya. 

Mereka melintasi arteri lalu lintas utama, Jalan Salah al-Din. Jumlah ini tiga kali lipat dari perkiraan pada hari Senin.

Militer Israel memberikan waktu selama empat jam kepada warga untuk meninggalkan Gaza di tengah perang dengan Hamas.

Berdasarkan laporan Aljazeera, para warga berjalan untuk evakuasi dengan putus asa. Pengungsi hanya membawa barang bawaan yang minim.

Israel mengatakan pasukan daratnya telah mengepung Kota Gaza dan terlibat dalam pertempuran kecil dengan pejuang dari kelompok Palestina.

Warga Palestina mengatakan tidak ada satupun wilayah yang aman dari pemboman Israel. Lebih dari 70 persen dari 2,3 juta penduduk Gaza telah mengungsi.

Beberapa melaporkan harus melintasi pos pemeriksaan Israel untuk mencapai wilayah selatan dan menyaksikan penangkapan oleh pasukan Israel.

"Mayoritas orang telah meninggalkan tanah mereka karena pengepungan (Israel) telah menjadi hal yang mutlak di Gaza. Kami tidak punya air, listrik, dan tepung," ujar salah satu warga, Ameer Ghalban, sambil mendorong seorang lansia yang menggunakan kursi roda di jalan utama Gaza, kepada The Associated Press.

 

AFP melaporkan tentara Israel mengklaim 50 ribu warga telah meninggalkan wilayah Gaza utara di tengah perang.

"Hari ini kita melihat bagaimana 50 ribu warga Gaza berpindah dari Gaza utara ke Gaza selatan," kata juru bicara militer Daniel Hagari.

"Mereka pergi karena mereka memahami bahwa Hamas kehilangan kendali di utara, dan di selatan lebih aman," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: