Indonesia Terancam Gagal Jadi Negara Maju Tahun 2045, Ini Solusi Antisipasinya dari Pakar Universitas Indonesia

Indonesia Terancam Gagal Jadi Negara Maju Tahun 2045, Ini Solusi Antisipasinya dari Pakar Universitas Indonesia

Pakar - pakar ekonomi menyebutkan salah satunya seperti disampaikan Kepala LPEM FEB UI Chaikal Nuryakin ekonomi Indonesia yang tetap atau stagnan ini, diibaratkan seperti menabrak kaca dimanapun melangkah.

BACA JUGA:

Dimana-mana terlihat seperti menabrak kaca dimanapun saat melangkah, ''ungkapnya seperti yang diterjemahkan dari Bahasa Inggris saat dia menjadi  penulis dalam Paper tersebut.

Oleh karena itu Chaikal Nuryakin menawarkan satu solusi berupa pentingnya sebuah strategi cadangan dalam memitigasi ekonomi apabila Indonesia gagal menjadi negara maju.

Segera siapkan kalangan kelas menengah Indonesia  yang memiliki porsi cukup besar yakni antara 40 sampai 80 persen dari total penduduk Indonesia.

Masyarakat menengah yang disiapkan harus inovatif dan kuat, alasannya jika memang tidak bisa menjadi negara maju pada tahun 2045 nanti, Indonesia memiliki masyarakat kelas menengah yang kuat dan produktif.

Penyiapannya bisa dilakukan dengan cara meningkatkan kesetaraan kesempatan akses pendidikan, juga kesehatan yang berkualitas. Selain  pekerjaan sektor formal, infrastruktur dasar serta jaminan sosial secara menyeluruh. 

Semua itu kata dia akan menjadi modal yang utama dan besar guna mewujudkan mimpi menjadi Indonesia emas pada 2045 mendatang. Semoga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: