Resep Sambel Bajak Pedas dan Enak, Berikut Tips Memasak dan Saran Penyajiannya!

Resep Sambel Bajak Pedas dan Enak, Berikut Tips Memasak dan Saran Penyajiannya!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sambel bajak adalah salah satu saus sambel pedas yang terkenal di Indonesia. Kesegaran, kepedasan, serta keunikan rasanya membuat sambel bajak menjadi pilihan yang tepat untuk melengkapi hidangan favorit Anda.

Apakah Anda ingin mencoba membuat sambel bajak di rumah? Berikut ini adalah resep sambel bajak yang bisa Anda coba.

Resep Sambel Bajak

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 150 gram cabai merah keriting
  • 100 gram cabai rawit merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 2 cm kencur, kupas
  • 2 lembar daun jeruk, iris halus
  • 1 buah tomat, potong dadu kecil
  • 1 sendok makan terasi
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan minyak goreng

Cara membuat :

  1. Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Pastikan cabai, bawang putih, bawang merah, kencur, dan tomat telah dicuci bersih.
  2. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih, bawang merah, kencur, dan terasi hingga harum dan matang dengan baik.
  3. Setelah bumbu tumisan telah matang, tambahkan cabai merah keriting dan cabai rawit merah ke dalam wajan. Aduk rata sehingga bumbu tercampur dengan baik dengan cabai.
  4. Masukkan gula pasir dan garam sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga bumbu tercampur rata dan meresap ke dalam cabai dan bumbu.
  5. Selanjutnya, tambahkan irisan daun jeruk dan potongan tomat ke dalam wajan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik dan matang dengan sempurna.
  6. Masak sambel bajak hingga cabai menjadi lembut dan bumbu terasa meresap. Pastikan rasa pedas, gurih, asam, manis, dan garam telah seimbang.
  7. Angkat sambel bajak dari wajan dan dinginkan sejenak. Setelah itu, haluskan sambel bajak dengan menggunakan blender atau ulekan sesuai selera.
  8. Sambel bajak siap disajikan! Anda dapat menyimpan sambel bajak dalam wadah kedap udara di kulkas selama beberapa hari.

Tips Memasak

Penting untuk dicatat bahwa dalam membuat sambel bajak, Anda juga dapat menyesuaikan jumlah cabai sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan. Jika Anda tidak terlalu suka makanan yang terlalu pedas, Anda dapat mengurangi jumlah cabai rawit merah.

BACA JUGA:

Jika menurutmu sambal ini kurang pedas, tambahkan cabai rawit merah sesuai selera. Selain itu, jangan lupa koreksi rasanya sebelum disajikan. 

Saran Penyajian

Sambel bajak merupakan pendamping sempurna untuk hidangan seperti nasi goreng, nasi uduk, nasi kuning, atau makanan kesukaan Anda lainnya.

Keunikan sambel bajak terletak pada campuran cabai merah keriting dan cabai rawit merah yang memberikan kepedasan khas. Selain itu, tambahan kencur, daun jeruk, dan terasi memberikan aroma yang kuat dan kaya rasa.

Sajikan sambal bajak ini selagi hangat bersama nasi putih dan lauk tambahan lain sesuai selera. Rasa pedasnya benar-benar pas di lidahmu, bukan?

Dengan resep sambel bajak ini, Anda dapat menikmati saus pedas yang lezat dan segar di rumah. Kamu masih bisa menambahkan bumbu lagi sesuai selera. Rasanya enak dan sambal ini bisa awet 2 minggu, lho. Tapi dengan catatan di simpan di freezer, ya!

Apalagi jika kamu memasaknya hingga kadar air dari bahan sambal ini berkurang. Sudah pasti awet. Cocok dijadikan cadangan sambal di kemudian hari. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: