8 Efek Samping Mengkonsumsi Madu Secara Berlebihan, Salah Satunya Meningkatnya Kadar Gula

8 Efek Samping Mengkonsumsi Madu Secara Berlebihan, Salah Satunya Meningkatnya Kadar Gula

JAKARTA, RADARPENA.FIN.CO.ID - Efek samping madu apabila dikonsumsi secara berlebihan ternyata berbahaya bagi manusia. Sebagaimana kita tahu bahwa manfaat mengkonsumsi madu bagi kesehatan sangat di sarankan.

Tetapi segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan ternyata memang mempunyai resiko negative. Bagi sebagian orang yang sensitive terhadap madu bisa berakibat menimbulkan alergi. 

Karena itu, sebelum mengonsumsi madu cobalah dalam jumlah sedikit terlebih dahulu. Kemudian, perhatikan reaksinya pada tubuh.

Berikut beberapa efek negative madu yang bisa terjadi akibat mengkonsumsi secara berlebihan, dikutip dari berbagai sumber :

1.  Belum Tentu Baik untuk Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes tipe 2, mengonsumsi madu bisa saja meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, mengoleskan madu secara topikal pada area lubang pada perut tempat kateter terpasang dalam proses cuci darah (dialysis exit sites) bisa meningkatkan risiko infeksi.

BACA JUGA:

2.  Alergi Bee Pollen

Beberapa orang bisa merasa sensitif atau alergi terhadap bee pollen. Meski jarang terjadi, reaksinya bisa saja serius dan fatal.

3.  Botulism

Anak-anak berusia di bawah 12 bulan dilarang mengonsumsi madu, dalam jumlah sekecil apapun. Madu bisa menyebabkan botulism akibat infeksi bakteri Clostridium botulinum. Bakteri ini akan tumbuh dan berkembang lebih banyak dalam usus bayi sehingga menjadi beracun.

4.  Menambah Berat Badan

Madu mengandung kalori dan gula cukup tinggi. Bergantung pada jenisnya, setidaknya terdapat 64 kalori pada 1 sendok makan atau 21 gram madu. Dalam jangka panjang, konsumsi madu dalam jumlah berlebihan bisa saja menyebabkan kenaikan berat badan.

5.  Kadar Gula Darah Meningkat

Kandungan gula dalam madu juga bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat secara drastis. Banyak juga penelitian yang menunjukkan hubungan antara tambahan gula dengan meningkatnya risiko kenaikan berat badan hingga obesitas.

6.  Resiko Depresi

kelebihan asupan gula juga dapat meningkatkan risiko mengalami depresi, demensia, dan menderita beberapa jenis kanker. Untuk itu, pastikan memilih madu yang tidak mengandung gula tinggi.

7.  Kesehatan Gigi yang Buruk

Kandungan gula yang tinggi pada madu apabila dikonsumsi secara terus menerus bisa mengakibatkan kerusakan pada kesehatan gigi. Hal ini efek dari tekstur madu yang lengket yang berakibat kerusakan pada gigi.

8.  Kram Perut

Bagi orang yang alergi mengkonsumsi madu bisa mengakibatkan kram perut.

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Lantas, apa saja manfaat madu untuk kesehatan tubuh manusia? Melansir dari situs Healthline, berikut manfaat madu:

1.  Meningkatkan Imunitas Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: