Yuk! Kenali Ciri Pada Anak Yang Terkena Gejala Autisme Sejak Dini

Yuk! Kenali Ciri Pada Anak Yang Terkena Gejala Autisme Sejak Dini

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Autis dapat terjadi pada siapapun, tanpa ada perbedaan status sosial ekonomi, pendidikan, golongan etnis, maupun bangsa.

Autisme merupakan suatu gangguan perkembangan yang sangat kompleks pada anak, dan akan mulai tampak sebelum usia 3 tahun.

Anak yang mengalami autisme memiliki perbedaan dengan anak yang lainnya. Anak autis memiliki kemampuan sosialisasi yang berbeda, sehingga menyebabkan masalah dalam berkomunikasi dan berinteraksi.

Namun, gejala autisme cukup beragam dan tiap anak yang menderita kondisi ini dapat menunjukkan gejala yang berbeda-beda.

BACA JUGA:

Namun, apa saja sih gejala dan tanda pada anak yang mengidap autisme? Simak ulasannya dibawah ini!

Ciri-Ciri Autisme Pada Anak

  • Menurunnya Kontak Mata

Melansir dari laman Healthline, bayi biasanya membuat kontak mata dengan orang lain sejak usianya sangat muda. Pada usia 2 bulan, bayi biasanya dapat menemukan wajah dan melakukan kontak mata dengan terampil.

Peneliti telah menemukan bayi yang mengembangkan gangguan spektrum autisme mulai membuat kontak mata lebih sedikit pada usia 2 bulan. Penurunan kontak mata mungkin merupakan indikator awal autisme.

  • Tidak Merespon Saat Dipanggil

Secara umum, anak sejak bayi belajar mengenali nama mereka dan akan mengenali saat dipanggil dengan memutar kepala atau dengan gerakan lain yang jelas.

Pada anak-anak yang didiagnosis dengan autisme beberapa diantaranya tidak akan merespons. Ini adalah salah satu tanda peringatan paling awal dari gangguan autisme.

  • Tidak Meniru Kebiasaan Orang Lain

Anak dengan autisme tidak suka meniru. Anak dengan kondisi normal cenderung meniru ketika seseorang tersenyum, menepuk, atau melambaikan tangan.

  • Keterlambatan Bahasa

Bayi dan balita mulai berbicara pada usia yang berbeda. Suatu penelitian menunjukkan anak-muda autis sering mengatakan dan memahami lebih sedikit kata-kata daripada anak-anak dengan perkembangan nonautistik pada usia 12 bulan.

Jika seorang anak tidak mengucapkan satu kata pun pada usia 16 bulan atau tidak menggunakan frasa dua kata pada usia 2 tahun, sebaiknya bicarakan dengan dokter anak.

BACA JUGA:

  • Anak Menampilkan Lebih Sedikit Emosi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: