Ketahui! Tata Cara Serta Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Hukum Melaksanakannya Tanpa Tidur

Ketahui! Tata Cara Serta Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Hukum Melaksanakannya Tanpa Tidur

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan di sepertiga malam yang di mana waktu orang - orang sedang tidur.

Sholatun lail dalam bahasa arab atau sholat tahajud yang memiliki arti sholat malam, dilakukan dari pukul 01.00 sampai dengan menjelang sholat subuh.

Dilansir NU Jatim, tahajud merupakan sholat sunnah yang dilakukan di malam hari setelah bangun tidur walaupun hanya tidur sebentar.

Dilansir dari buku The Power Of Tahajud, dijelaskan bahwa tahajud berasal dari kata tahajjada yang berpadanan dengan kata istaiqazha yang berarti terjaga, sengaja bangun atau sengaja tidak tidur

Jika kita tidak tidur sama sekali, maka tidak disebut sholat tahajud menurut pendapat yang kuat atau mu’tamad.

Dilansir dari laman resmi nu online, mengerjakan sholad tahajud harus didahului dengan tidur, walaupun durasi tidurnya hanya sebentar.

Jika sholat tahajud dilakukan dalam keadaan kita belum tidur sama sekali maka salat sunah yang dikerjakan tidak termasuk sebagai salat Tahajud.

BACA JUGA:

Menjalankan sholat tahajud merupakan ibadah yang istimewa sebab memiliki banyak manfaat bagi seseorang yang mengerjakannya.

Hukum melaksanakan sholat tahajud merupakan sunnah. Umumnya, sholat tahajud dilakukan orang yang terbangun dari tidur.

Hukum Tahajud Tanpa Tidur

Berikut ini hukum melaksanakan sholat tahajud tanpa tidur yaitu hukumnya seperti sholat sunnah biasa atau disebut dengan sholat sunnah Qiyamul Lail.

Syaikh Nawawi Al-Bantani menerangkan :

Lafaz Arab:

والنفل المطلق بالليل أفضل منه بالنهار ومن النفل المطلق قيام الليل وإذا كان بعد نوم ولو في وقت المغرب وبعد فعل العشاء تقديما يسمى تهجدا

Artinya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: