Keutamaan dan Hikmah Puasa Nabi Daud: Meneladani Kesabaran dan Ketaqwaan

Keutamaan dan Hikmah Puasa Nabi Daud: Meneladani Kesabaran dan Ketaqwaan

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  - Puasa Nabi Daud adalah salah satu ibadah yang memiliki keistimewaan dan hikmah tersendiri. Nabi Daud, dikenal sebagai seorang nabi yang dikenal dengan kebijaksanaan dan keuletannya dalam beribadah, memberikan teladan bagi umatnya dengan melibatkan Puasa sebagai bagian penting dalam pengabdian kepada Allah SWT.

Dalam artikel ini, kita akan membahas keutamaan serta hikmah dari puasa yang dilakukan oleh Nabi Daud.

Puasa nabi Daud dianggap sunnah dan dianjurkan untuk diikuti oleh semua umat muslim, meski tidak diwajibkan. Ada sedikit perbedaan dari Puasa nabi Daud ini dengan puasa Ramadhan yang selalu kita lakukan setiap tahunnya.

Beberapa diantara perbedaannya adalah waktu untuk berpuasa, puasa nabi Daud hanya dilakukan di hari senin dan kamis setiap minggunya.

BACA JUGA:

Tentunya, puasa ini juga harus didasari oleh niat yang tulus, membaca niat dalam hati dengan mengucap “Aku berniat berpuasa sunnah Daud untuk hari ini karena Allah SWT” dan niat ini harus diucapkan saat sebelum waktu imsak berakhir.

Sama seperti puasa lainnya, Puasa nabi Daud juga dilaksanakan dari matahari terbit, sampai matahari tenggelam, diawali dengan imsak dan shalat Subuh dan diakhiri dengan berbuka makanan maupun minuman ringan seperti kurma dan shalat Maghrib.

Dan juga, pada saat melaksanankan puasa sunnah ini, umat muslim dianjurkan untuk menghabiskan waktu dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara berzikir, berdoa, dan tentunya menunaikan shalat tepat waktu.

Selain itu, umat muslim yang melakukan puasa sunnah ini dianjurkan untuk istirahat di siang hari agar menjaga tenaga untuk menahan hawa nafsu terhadap makan, minum, dan melakukan hal maksiat lainnya.

BACA JUGA:

1. Keutamaan Puasa Nabi Daud

Puasa Nabi Daud memiliki keutamaan yang diakui dalam ajaran agama Islam. Beberapa keutamaan tersebut antara lain:

Mendekatkan Diri kepada Allah

Puasa Nabi Daud adalah bentuk pengabdian yang mendalam dan ikhlas kepada Allah SWT. Dengan melakukan puasa, Nabi Daud menyatakan kepatuhannya kepada Sang Pencipta dan mendekatkan diri secara spiritual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: