Makna Bacaan Hasbunallah Wani'mal Wakil dan Manfaat Bagi yang Mengamalkannya

Makna Bacaan Hasbunallah Wani'mal Wakil dan Manfaat Bagi yang Mengamalkannya

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Membaca Hasbunallah Wanikmal Wakil merupakan doa yang penuh makna dan manfaat.

Doa ini adalah pembuka pintu pertolongan Allah SWT, sehingga kita senantiasa merasa kuat dan yakin bahwa Allah akan selalu bersama kita dalams setiap langkah dan situasi kehidupan.

Tiada tempat terbaik dalam mengadu dan meminta pertolongan selain kepada Allah SWT, baik saat suka dan duka, kemalangan atau kebahagiaan.

Makna Hasbunallah Wani'mal Wakil

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

 

Artinya: Cukuplah Allah sebagai penolong bagiku dan Dia adalah sebaik-baik pelindung.

Kalimat diatas merupakan potongan dari ayat Al Qur'an surat Ali 'Imran ayat 173 yang berbunyi:

ٱلَّذِينَ قَالَ لَهُمُ ٱلنَّاسُ إِنَّ ٱلنَّاسَ قَدْ جَمَعُوا۟ لَكُمْ فَٱخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَٰنًا وَقَالُوا۟ حَسْبُنَا ٱللَّهُ وَنِعْمَ ٱلْوَكِيلُ

Allaziina qoola lahumun naasu innan naasa qad jama'uu lakum fakhshawhuin fazaadahum iimaannanwa wa qooluu hasbunallahu wa ni'malwakiil

Artinya: "(Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: "Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka", maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: "Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik pelindung". (QS Ali-Imran:173).

Hasbunallah Wani'mal wakil merupakan tanda kepasrahan mutlak kepada Lalah SWT, dan hanya menjadikan-NYA sebagai satu-satunya tempat bersandar dan meminta pertolongan.

Waktu Terbaik Membaca Hasbunallah Wani'mal Wakil

Hasbunallah Wani'mal Wakil nerupakan sumber kekuatan seorang muslim ketika dihadapkan masalah, kesulitan dan ketakutan dalam hidup. Sehingga dengan membacanya akan memberikan ketenangan dan kekuatan.

Kalimat ini juga pernah diucapkan oleh Nabi Ibrahim ketika akan dilemparkan kedalam api. 

Nabi Ibrahim AS berserah diri sepenuhnya kepada Allah SWT. Allah SWT kemudian memerintahkan kepada api," Hai api, menjadi dinginlah, dan menjadilah keselamatan bagi Ibrahim!" Ajaib, api yang semula panas, menjadi dingan dan tidak dapat melukai Nabi Ibrahim AS.

Ini membuktikan betapa kuatnya keyakinan dan tawakal Nabi Ibrahim lewat kalimat Hasbunallah Wani'mal Wakil.

Rasulullah SAW juga pernah membuktikan dasyatnya kalimta ini. Diriwayatkan Rasulullah SAW bersama sahabat mendapat ancaman dari pasukan kafir, dengan keyakinan dan ketaqwaan yang tinggi Allah SWT memberikan pertolongan dan jalan keluar bagi Nabi Muhammad berserta sahabat.

Manfaat Membaca Hasbunallah Wani'mal Wakil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: