Inilah Kandungan Gizi dari Ikan Sedat dan Manfaatnya pada Kesehatan Tubuh

Inilah Kandungan Gizi dari Ikan Sedat dan Manfaatnya pada Kesehatan Tubuh

JAKARTA, RADARPENA.FIN.CO.ID - Sering disebut mirip belut, ikan sidat ini mempunyai nama lokal Pelus di Pulau Jawa. ikan sidat merupakan salah satu sumber protein hewani dan memiliki kandungan nutrisi yang terbaik. Dan menurut hasil penelitian para ahli gizi, ikan sidat jauh lebih baik dari ikan salmon, tuna dan jenis ikan impor lainnya.

Secara sepintas Ikan Sidat mirip dengan Belut. Memiliki tubuh bulat memanjang dengan mata kecil. Yang membedakan adalah, ikan sidat mempunyai sirip didekat kepalanya, sehingga mirip seperti telinga.

Belut hidup didaerah berlumpur, sedangkan sidat habitatnya dalam air yang jernih, banyak mengandung oksigen yang terlarut.

Ikan sidat (ordo Anguilliformes) adalah kelompok ikan yang memiliki tubuh ramping dan memanjang. Ikan ini masuk dalam Ordo Anguilliformes, yang terdiri atas 4 subordo, 19 famili, 110 genera, dan 400 spesies. Kebanyakan hidup di laut pada fase dewasanya. 

BACA JUGA:

Beberapa spesies, terutama dari genus Anguilla, memiliki perilaku katadromus (catadromous), yaitu menghabiskan sebagian besar hidupnya di air tawar, tetapi melakukan perkawinan dan memijah di perairan laut.

Ikan yang juga masuk kategori hewan nokturnal tersebut tergolong jenis ikan karnivora, karena senang memakan ikan dan binatang air lainnya yang berukuran lebih kecil dari bukaan mulutnya.

Namun, terkadang ikan sidat juga memiliki sifat kanibal, sebab bisa memangsa sidat kecil yang ada di sekitarnya dengan mencabik-cabiknya hingga bangkainya hancur kemudian akan memakannya secara perlahan.

Di Indonesia sendiri, ikan sidat atau belut ini jarang diminati, jutsru malah menjadi kuliner favorit warga Jepang yang dikenal unagi dengan harga yang cukup mahal. 

Hal ini yang membuat Indonesia menjadi salah satu negara pengekspor ikan sedat terbesar ke Negara-negara Asia Timur terutama Jepang. Namun, untuk mendapatkannya, ikan sidat harus ditangkap dari alam dan dibesarkan di keramba jaring apung (KJA).

Kandungan Gizi Ikan Sidat

Ikan sidat memiliki kandungan gizi yang melimpah, hal ini yang menjadikan ikan seidat sebagai salah satu jenis makanan yang baik untuk MPASI. Menurut ahli gizi, setiap anak-anak yang mengkonsumsi ikan sidat akan memiliki daya tahan tubuh yang baik dan memiliki nafsu makan yang tinggi. Sebab ikan sidat sangat baik untuk imun dan antioksidan pada anak.

Perlu diketahui, ini adalah beberapa kandungan gizi pada ikan sedat:

Dalam 1 fillet ikan sidat sebart 204 gram memiliki kandungan gizi, seperti:

  1. Kolesterol 257 mg
  2. Sodium 104 mg
  3. Protein 38 g
  4. Air 139 g
  5. Kalori 375
  6. Karbohidrat 0.2
  7. Lemak 215
  8. Protein 161
  9. Lemaknya sejumlah 23.8 g meliputi lemak jenuh 4.8 g, lemak tak jenuh tunggal 14.7 g, lemak tak jenuh jamak 1.9 g, asam lemak omega 3 1332 mg, asam lemak omega 6 400 mg.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: