Ini 5 Keunggulan e-SIM yang Digadang Sebagai Teknologi Kartu SIM Masa Depan

Ini 5 Keunggulan e-SIM yang Digadang Sebagai Teknologi Kartu SIM Masa Depan

RADARPENA.CO.ID - Apakah Anda pernah mendengar e-SIM? Keunggulan e-SIM sedang menjadi topik pembicaraan karena diklaim sebagai teknologi kartu SIM masa depan.

Hal ini lantaran e-SIM digadang sebagai teknologi kartu SIM masa depan yang akan menggantikan penggunaan SIM card fisik pada smartphone saat ini.

Lantas, apa itu e-SIM? Apa saja keunggulan e-SIM sebagai teknologi kartu SIM masa depan dibanding SIM card fisik?

Apa Itu e-SIM?

e-SIM atau embedded SIM adalah teknologi kartu SIM terbaru yang menyangkut penggunaan kartu SIM pada perangkat seperti ponsel pintar dan tablet. 

e-SIM adalah kependekan dari Embedded Subscriber Identity Module dan bisa dikatakan sebagai pendamping untuk kartu SIM tradisional. 

e-SIM merupakan teknologi yang menggantikan kartu SIM fisik dengan chip kecil yang tertanam di dalam perangkat, sehingga pengguna dapat mengakses jaringan seluler tanpa adanya kartu fisik. 

BACA JUGA:

Ini dianggap sebagai masa depan teknologi SIM, dan banyak produsen telepon pintar seperti Apple dan Google telah mengadopsi teknologi ini di lebih banyak perangkat mereka.

5 Keunggulan e-SIM sebagai Teknologi Kartu SIM Masa Depan:

1. Kemudahan Aktivasi

Teknologi e-SIM dilengkapi dengan proses aktivasi yang lebih mudah daripada kartu SIM fisik, dan ini menjadi keunggulan pertama dari teknologi baru ini. 

Pengguna cukup melakukan konfigurasi dan aktivasi dari aplikasi operator di perangkat dan dapat mengakses jaringan seluler tanpa kartu SIM physical. 

Aktivasi e-SIM membuat pengguna lebih efisien dari segi waktu dan juga memudahkan pengaturan jaringan seluler.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: