Sungai Nil Masuk Guinness World Records Sebagai Sungai Terpanjang di Dunia, Berikut Daftarnya:

Sungai Nil Masuk Guinness World Records Sebagai Sungai Terpanjang di Dunia, Berikut Daftarnya:

Sungai Amazon

Sungai Amazon sering disebut sebagai sungai terpanjang di dunia, namun nyatanya sungai ini masih tidak sepanjang dengan Sungai Nil. Sungai Amazon termasuk sungai dengan volume air yang besar serta memiliki panjang 6.575 km.

Sungai ini berasal dari Pegunungan Andes di Peru dan mengalir melalui Ekuador, Kolombia, Venezuela, Bolivia, dan Brasil, kemudian bermuara di Samudra Atlantik.

BACA JUGA:

Menurut Amazonaid.org, terdapat lebih dari 2.500 spesies ikan dan lumba-lumba yang hidup di Sungai Amazon. Perlu diketahui juga bahwa sungai ini bermanfaat untuk pertanian, transportasi dan juga makanan.

Sungai Yangtze

Sungai Yangtze (Yangzi) menjadi sungai terpanjang ketiga dengan nama resmi Chang Jiang. Sungai ini memiliki panjang 6.300 km yang hulunya berasal dari Dataran Tinggi Tibet lalu bermuara ke laut Cina Timur sebelah Shanghai. Fakta uniknya, sepertiga dari populasi negara terpadat di China ternyata tinggal dan hidup di Sungai Chang Jiang.

Sebab Sungai chang Jiang mempunyai sejarah penting Tiongkok, seperti budaya dan juga perekonomiannya. Sudah ribuan tahun lamanya sungai ini dimanfaatkan masyarakat sebagai sumber air, irigasi, transportasi, industri, dan sanitasi, bahkan sempat dijadikan medan perang.

Sungai Mississippi

Sungai Mississippi, Missouri, dan Jefferson membentuk sistem sungai terpanjang keempat di dunia dengan memiliki panjang 6.274 km. Sistem sungai ini mengalir di 31 negara bagian di Amerika Serikat dan dua provinsi di Kanada yang digunakan sebagai perbatasan negara.

BACA JUGA:

Sungai Mississippi berasal dari Minnesota utara, di mana Danau Itasca dianggap sebagai sumbernya. Sungai ini kemudian mengalir ke Teluk Meksiko. 

Sungai ini merupakan sumber vital untuk energi hidroelektrik, menyediakan air minum, dan menjadi habitat dari berbagai spesies ikan yang penting secara ekologis dan komersial.

Sungai Yenisei

Sungai Yenisei memiliki panjang 5.539 km dan menjadi sungai terpanjang kelima di dunia, bahkan yang terbesar di Samudra Arktik. Sungai ini berada di Rusia tengah dan mengalir melalui dua negara, yakni Mongolia dan Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: