Mengulik Sejarah Bola Basket di Indonesia dan Dunia Serta Teknik Dasar Bola Basket

Mengulik Sejarah Bola Basket di Indonesia dan Dunia Serta Teknik Dasar Bola Basket

RADARPENA.CO.ID - Bola basket merupakan olahraga yang cukup populer dan banyak diminati oleh orang di seluruh dunia.

Bola basket yang merupakan olahraga yang berkelompok terdiri dari dua tim yang beranggotakan lima orang untuk mencetak poin memasukkan bola ke dalam keranjang lawan.

Dalam permainan olahraga bola basket memiliki teknik dan peraturan yang harus ditaati saat menjalankan olahraga bola basket.

Dilansir dari National Geographic, sejarah bola basket dunia berawal dari ide James Naismith pada tahun 1891, seorang mahasiswa pascasarjana asal Kanada yang mengajar pendidikan jasmani di sebuah perguruan tinggi International YMCA Training School, sekarang dikenal sebagai Springfield College, di Massachusetts.

International YMCA Training School atau yang lebih dikenal sebagai Springfield College, Massachusetts sedang dilanda badai musim dingin.

Oleh karena itu para mahasiswa diminta untuk tetap menjalankan aktivitas di dalam ruangan. Ide permainan olahraga bola basket ini berawal saat musim dingin sebab banyak permainan olahraga yang tidak bisa dilakukan oleh para muridnya.

Keinginannya membuat sebuah permainan yang dapat dimainkan di dalam ruangan tertutup, menggerakannya membuat permainan bola basket.

BACA JUGA:

Terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario, Naismith menciptakan permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891

Permainan resmi pertama dimainkan di gimnasium YMCA di Albany, New York, di tanggal 20 Januari, 1892, dengan sembilan pemain.

Permainan selesai dengan skor 1–0; dan dimainkan di atas lapangan yang ukurannya setengah dari lapangan NBA

Pada tahun 1891 jumlah pemain yang masih sembilan orang dan belum ada teknik dribble. Dilansir dari Perbasi.or.id, sejarah bola basket di Indonesia tak lepas dari pengaruh Amerika Serikat dan Cina.

Pada tahun 1894, YMCA mengutus Bob Baily ke Cina untuk mengenalkan olahraga bola basket ke Asia. Olahraga ini kemudian menyebar di Jepang dan Filipina pada sekitar tahun 1900.

Tahun 1895 digelar pertandingan bola basket antara dua perguruan tinggi yaitu diantaranya Hamline College dan Minnesota School of Agriculture.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: