Manfaat Berjalan Kaki Setiap Hari: Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat Berjalan Kaki Setiap Hari: Turunkan Risiko Penyakit Jantung

JAKARTA, RADARPENA - Menjadikan jalan kaki sebagai rutinitas setiap hari akan membawa beragam manfaat tak terduga.

Jalan kaki merupakan salah satu bentuk latihan kardiovaskular yang baik untuk kesehatan jantung.  Jalan kaki akan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh Anda dan menjaga hati Anda agar tetap aktif dan sehat. Selain itu dengan jalan kaki, maka tekanan darah Anda akan stabil.

Spesialis jantung dan pembuluh darah dr Dwita Rian Desandri, SpJP(K) menjelaskan, berjalan kaki sebanyak 6 ribu sampai 9 ribu langkah sehari bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung hingga 40 persen.

BACA JUGA:Buntut Kasus Penganiayaan Anaknya, Edward Tannur Terancam Sanksi Kode Etik dari MKD DPR

Menurutnya, ketika berjalan kaki, otot kaki memerlukan oksigen untuk bergerak. Pemakaian oksigen yang terus-menerus membuat jantung terpacu untuk mencukupi oksigen itu dan lama-lama terlatih.

Jalan kaki akan memberi manfaat maksimal untuk kesehatan jantung apabila dilakukan secara rutin.

"Mangkanya dia dikatakan dapat meningkatkan kebugaran kardiorespirasi. Kardio adalah jantung, respirasi adalah pernapasan. Sehingga kebugaran sistem kebugaran jantung dan pernapasan akan meningkat karena adanya metabolisme aerobik yang kita lakukan terus-menerus," ucap dr Dwita

BACA JUGA:Sejarah Konflik Israel-Palestina: Perebutan Wilayah dan Imigrasi Yahudi

"Kita harus mulai bahkan dengan aktivitas yang paling ringan sekalipun even itu olahraga seperti berjalan kaki, tapi minimal kerjakan lah secara repetitif dalam seminggu," lanjutnya.

Bukan cuma itu, jalan kaki juga akan memberi manfaat lain, yaitu melatih otot ankle kaki, daya tahan paru-paru, membakar kalori dan lemak berlebih, dan melepas stres. Disarankan untuk jalan kaki setidaknya 3 kali sampai 7 kali dalam seminggu dengan durasi 20-30 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: