Mengenal Teknik Informatika Dan 5 Prospek Kerja Kedepanya Yuk Simak!

Mengenal Teknik Informatika Dan 5 Prospek Kerja Kedepanya Yuk Simak!

RADARPENA.CO.ID - Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (Software), dan kinerja komputer.

Sederhananya saat kamu menjadi mahasiswa Teknik Informatika maka kamu akan berkutat dengan pekerjaan yang namanya ngoding atau programming.

Kemampuan dalam merancang dan mengembangkan ragam algoritma komputasi, seperti perangkat lunak untuk bisnis, pengelolaan jaringan, insfrastruktur teknologi informasi, hingga pengembangan aplikasi multimedia akan selalu diasah saat kuliah.

Kamu akan belajar secara bertahap mulai dari memperkuat pemahamanmu tentang dasar-dasar programming, mulai membuat sebuah algoritma sederhana, merancang alur program, hingga membangun perangkat lunak baik itu aplikasi desktop, web, dan mobile.

Karena kuliah Teknik Informatika cenderung mempelajari hal yang berkaitan dengan software bukan berarti tidak mempelajari hardware, Teknik Informatika UNPAS juga mengajarkan bidang lain seperti hardware, jaringan, manajemen, dsbnya.

 



Tak hanya itu, peluang kerja yang terbuka sangatlah besar, Sekarang ini lulusan jurusan Teknik Informatika masih menjadi yang paling banyak dicari bukan hanya di Indonesia tapi di Dunia juga.

Apa yang dipelajari di teknik informatika

Kebutuhan praktisi IT kian berkembang seiring pesatnya perkembangan jaman dan teknologi, oleh karena itu penting untuk memiliki jurusan atau program studi untuk memenuhi kebutuhan praktisi IT yang ahli dan professional.

Program Studi Teknik Informatika dapat menghasilkan tenaga-tenaga muda profesional yang terampil dalam bidang teknologi informasi.

Kebanyakan orang sering tertukar antara istilah Teknik Informatika, Teknik Komputer, Sistem Informasi, dan istilah sejenis lainnya.

Bahkan sebagian orang tidak ingin ambil pusing dan menyamakan semua istilah tersebut dan menjadikannya patokan jika semua ilmu komputer itu sama.

 

Prospek Kerja lulusan Teknik Informatika

Pada dasarnya Alumni Teknik Informatika bisa kerja di bidang industri manapun, seperti yang diketahui jika saat ini era industri sudah mencapai era industri 4.0 dan sebentar lagi akan memasuki era industri 5.0, dimana teknologi yang digunakan membutuhkan tenaga IT profesional yang sangat banyak untuk membangun dan mengelolanya.

Berikut pilihan karir bagi lulusan Teknik Informatika;

1. Karyawan IT
Menjadi Karyawan IT merupakan pekerjaan paling umum di bidang IT, untuk menjadi karyawan IT kamu tidak perlu memiliki kualifikasi tertentu atau jago di bidang tertentu, untuk menjadi Karyawan IT setidaknya kamu harus paham dasar-dasar tentang IT dan dapat menyesuaikan saat mengambil berbagai macam pekerjaan IT di dunia kerja.

2. Programmer
Menjadi programmer merupakan salah satu karir yang berkaitan erat dengan jurusan Teknik Informatika.

Pekerjaan ini termasuk yang paling banyak dicari saat ini, untuk menjadi programmer kamu harus menguasai bahasa pemrograman dan andal menggunakannya.

3. Konsultan IT

Konsultan IT bertindak sebagai jembatan antara klien dan tim teknis, Konsultan IT membantu klien untuk mengatasi permasalahan IT terkait sistem, aplikasi, dan penerapan operasional di perusahaan Konsultan IT harus mengetahui banyak hal karena levelnya yang terkesan seperti penasehat terkait IT dalam perusahaan.

 



4. Data Scientist

Data Scientist merupakan pekerjaan yang paling banyak dicari saat ini, tugasnya adalah bertanggung jawab mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan untuk mendukung pengambilan keputusan.

5. Web Developer
Web Developer menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati, selain populer bayaran atau gaji web developer terbilang cukup tinggi.

Tugas dari Web Developer adalah membangun produk website atau sistem web.

Mulai dari mengatur domain, membuat basis data, mendesign web, hingga mengelola dan memelihara situs web.

Kamu tidak perlu khawatir dan merasa terbatas dengan 5 pilihan karir diatas, saat ini variasi pekerjaan di bidang IT sangat banyak dan kamu bisa mulai menargetkan karir impianmu mulai dari sekarang.

Mulai perbanyak pengalaman serta wawasan terkait bidang yang akan kamu geluti kedepannya, tetap berpikir positif dan teruslah berjuang.

Semangat kamu yang saat ini sedang kuliah di jurusan Teknik Informatika khususnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: