Cara Memilih Lensa Anti UV : Perlindungan Maksimal Terhadap Aktifitas Outdoor Kamu!

Cara Memilih Lensa Anti UV : Perlindungan Maksimal Terhadap Aktifitas Outdoor Kamu!

 

2.  Pilih Jenis Lensa Polarized

Lensa yang terpolarisasi atau polarized lens banyak digunakan pada kacamata anti UV. Fungsinya untuk mengurangi silau akibat pantulan sinar matahari atau glare yang bisa membahayakan Anda. Jenis lensa ini dapat meminimalisir pantulan cahaya dari permukaan horizontal seperti badan jalan, kaca bangunan, hingga genangan air.

Jika sedang berkendara, kacamata seperti ini sangat penting untuk memberikan perlindungan tambahan pada Anda. Selain itu, polarized lens juga bisa memberikan persepsi warna yang akurat, menciptakan kontras yang lebih tajam antara permukaan gelap dan terang.

 

3.  Perhatikan Bahan Pembuat Lensanya

Bahan pembuat lensa juga penting Anda perhatikan saat Anda memilih kacamata anti UV lho! Dua jenis bahan pembuat lensa yang bagus adalah polycarbonate dan trivex. Lensa dari kedua material tersebut mampu menghalangi sinar UV hingga 100%.

 

4.  Pertimbangkan Lensa Photochromic

Lensa photochromic adalah lensa yang akan berubah warna dengan sendirinya ketika terpapar sinar matahari. Di dalam lensa tersebut terkandung molekul khusus yang bereaksi terhadap sinar UV. Lensa ini sangat cocok untuk Anda yang banyak berpindah tempat dari dalam ke luar ruangan ketika beraktivitas.

 

5.  Pastikan Ukurannya Pas

Yang tidak kalah penting adalah memilih kacamata yang pas ukurannya untuk Anda. Tujuannya untuk meminimalisir masuknya sinar UV melalui sela-sela lensa. Hindari memilih kacamata yang terlalu besar agar tidak mudah melorot saat dipakai.

 

Cara Melindungi Mata dari Bahaya Sinar UV

1.  Hindari Paparan Matahari Secara Langsung

Berada di bawah paparan sinar matahari langsung dalam waktu cukup lama sangat tidak disarankan karena bisa berbahaya untuk kesehatan kulit dan mata Anda. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari berdiri di bawah sinar matahari secara langsung secara terus menerus. Jika Anda terpaksa melakukannya, pastikan Anda memberi perlindungan lengkap pada kulit dan mata Anda.

BACA JUGA:

2.  Gunakan Kacamata Anti UV

Meskipun mata tidak minus, tidak ada salahnya memakai kacamata anti UV saat berada di luar ruangan. Tujuannya untuk mencegah sinar UV mengenai mata secara langsung dan menyebabkan kerusakan pada mata Anda.

 

3.  Pakai Pelindung Kepala atau Payung

Lindungi kepala Anda dari sinar UV saat beraktivitas di luar ruangan. Anda bisa mengenakan topi agar tidak silau atau agar kepala tidak pusing karena panasnya sinar matahari. Anda juga bisa memakai payung khusus anti UV yang bisa melindungi kepala sekaligus tangan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: