Simak Cara Ini Untuk Mengobati Sakit Gigi, Terbukti Ampuh!

Simak Cara Ini Untuk Mengobati Sakit Gigi, Terbukti Ampuh!

RADARPENA.CO.ID - Sakit gigi sering kali menjadi gangguan kesehatan yang sangat menyakitkan, terutama jika terjadi di malam hari. Sakit gigi adalah rasa nyeri yang kamu rasakan di dalam atau di sekitar gigi. 

Intensitas nyeri yang ditimbulkan dapat berkisar dari ringan hingga parah. Kamu bisa merasakan nyeri tajam yang terjadi secara terus menerus atau hilang timbul tidak menentu. 

Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari tumbuh gigi, gusi bengkak, gigi berlubang, abses gigi (adanya nanah di dasar gigi), gigi retak/patah, tambalan gigi lama yang rusak dan lain sebagainya.

Ketika kamu mengalami sakit gigi, penting untuk mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Dari situ, kamu dapat menentukan cara terbaik untuk meredakan nyeri, bengkak, atau gejala lainnya. 

Dokter gigi bisa dimintai bantuan untuk mendeteksi penyebab sakit gigi secera pasti dan mengobatinya. Tapi, jika sakit gigi terjadi di malam hari, kita mungkin tidak selalu bisa menemui dokter gigi.

Sebagai solusi, ada beberapa cara rumahan yang bisa kita lakukan untuk penanganan awal sakit gigi.

BACA JUGA:

Ada sejumlah cara untuk menghilangkan sakit gigi secara mudah dan cepat. Dilansir situs Cleveland Clinic, berikut cara mengobati sakit gigi dengan ampuh. Yuk simak!

cara mengobati sakit gigi 

 

  • Bawang Putih

Bahan yang biasa digunakan untuk masak sehari-hari ini ternyata juga bisa menyembuhkan sakit gigi. Sebab, kandungan allicin antimikroba di dalam bawang putih dapat membunuh bakteri dan menghilangkan rasa sakit gigi.

Cara penggunaannya juga mudah. Geprek satu siung bawang putih sampai halus. Setelah itu buatlah pasta dari bawang putih yang sudah hancur tersebut. Kemudian oleskan pasta bawang putih ke area gigi yang sakit.

 

  • Kumur dengan Air Garam

Cara berikutnya adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Soalnya, air garam dapat dijadikan sebagai disinfektan alami untuk membantu meluruhkan partikel dan serpihan sisa makanan di antara sela gigi.

Selain itu, air garam juga membantu mengurangi peradangan dan luka yang timbul di mulut, seperti sariawan. Cara menggunakannya juga gampang. Cukup campurkan setengah sendok makan garam ke dalam segelas air hangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: