Inilah Makhluk yang Tersisa di Hari Kiamat. Siapa Saja Mereka?

Inilah Makhluk yang Tersisa di Hari Kiamat. Siapa Saja Mereka?

Kemudia Allah berfirman kepada Malaikat Izrail, meski Dia Maha Mengetahui,"Siapa yang masih Hidup?"

Malaikat Izrail menjawab,"Engkau Dzat Yang Maha Hidup, pembawa 'Arsy-Mu, jibril, dan Mikail."

Lantas Allah SWT memerintahkan Malaikat Izrail untuk mencabut ruh Malaikat Jibril, Malaikat Mikail, dan Malaikat pembawa 'Arsy dengan berurutan. Hingga tersisa Malaikat Izrail, yang menjadimakhluk terakhir yang tersisa pada hari kiamat.

"Allah SWT memerintahkannya (Malaikat Izrail) agar mati dan ia adalah makhluk Allah yang terakhir meninggal dunia," tulis buku karangan Ibnu Katsir tersebut.

Dalil yang mengatakan malaikat adalah makhluk dan akan mengalami kematian, tertulis dalam AL Quran Surat Al Qashash ayat 88 yang berbunyi:

وَلَا تَدْعُ مَعَ ٱللَّهِ إِلَٰهًا ءَاخَرَ ۘ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۚ كُلُّ شَىْءٍ هَالِكٌ إِلَّا وَجْهَهُۥ ۚ لَهُ ٱلْحُكْمُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

"Wa lā tad'u ma'allāhi ilāhan ākhar, lā ilāha illā huw, kullu syai`in hālikun illā waj-hah, lahul-ḥukmu wa ilaihi turja'ụn"

Artinya: "Janganlah kamu sembah di samping (menyembah) Allah, tuhan apapun yang lain. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Tiap-tiap sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. Bagi-Nya-lah segala penentuan, dan hanya kepada-Nya-lah kamu dikembalikan."

Demikianlah pembahasan mengenai makhluk ciptaan-Nya, yang paling akhir bertahan di hari kiamat karena menjalankan perintah Allah SWT, Yang Maha Hidup.

Setiap ciptaan Allah SWT memiliki tugas dan keistimewaan masing-masing. Namun pada akhirnya semua akan kembali ke hadapan Allah SWT.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: