Berikut Ini Program Studi CPNS Yang Paling Banyak Di Butuhkan, Yuk Simak!

Berikut Ini Program Studi CPNS Yang Paling Banyak Di Butuhkan, Yuk Simak!

Program Studi CPNS - Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 akan dibuka pada Rabu (20/9). Sebelum mendaftar, calon pelamar bisa melihat program studi CPNS yang paling banyak dibutuhkan melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/ untuk menghitung peluang.

Setelah sempat diundur selama beberapa hari, pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 akhirnya resmi dibuka pada hari ini, Rabu, 20 September 2023. 

Terdapat total 572.496 formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang disediakan pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Masing-masing instansi pemerintah akan mengumumkan formasi dan kualifikasi pendidikan mulai 16-30 September 2023. Terkait daftar formasi CPNS 2023, Menteri PANRB Anas melanjutkan bahwa pemerintah masih berupaya memenuhi kebutuhan tenaga pendidikan dan kesehatan.

BACA JUGA:

Namun, tidak menutup kesempatan dan prioritas bagi talenta digital. Pemilihan pekerja digital dinilainya sebagai wujud transformasi digitalisasi dalam kerangka agenda Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Berikut Daftar Program Studi yang paling banyak dibutuhkan dalam perekrutan CPNS. Yuk simak dibawah ini!

  • Keperawatan

Seperti halnya kedokteran, prodi keperawatan juga menjadi kategori yang diprioritaskan. Berdasarkan informasi dari laman Kemen PAN-RB, pemerintah membuka formasi 154.724 PPPK Tenaga Kesehatan yang akan disebar di seluruh daerah di Indonesia.

 

  • Pendidikan

Pemerintah juga membutuhkan banyak tenaga pendidik, khususnya lulusan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD). Tak hanya untuk fresh graduate, tahun ini juga akan menjadi momen pengangkatan guru honorer menjadi PPPK dan PNS.

 

  • Hukum

Pemerintah juga membutuhkan banyak tenaga ahli di sektor hukum. Salah satu instansi yang membutuhkan lulusan dalam bidang ini adalah Kejaksaan Agung Republik Indonesia (RI). Merujuk laman resmi Kejaksaan Agung RI, jumlah formasi yang dibutuhkan kejaksaan dalam CPNS 2023 mencapai 7.846 formasi. Lowongan formasi tersebut diperuntukkan mulai dari lulusan SLTA sederajat hingga S1.

 

  • Teknologi Informasi

Seiring dengan aktivitas manusia yang semakin banyak dilakukan secara digital, tenaga di bidang teknologi informasi juga kian dibutuhkan dalam sektor pemerintahan. Pemilihan tenaga ahli di bidang ini dimaksudkan sebagai wujud transformasi digitalisasi dalam kerangka agenda Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Karena itu, lulusan program studi komunikasi dan digital nantinya yang akan menekuni talenta digital. Adapun program studi yang dimaksud dalam bidang ini, antara lain Desain Grafis, Desain Komunikasi Visual, Bisnis Digital, Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: