Kenali Gejala Psoriasis Vulgaris, Penyakit Kulit Dengan Kondisi Tebal Dan Bersisik Di Area Lutut Dan Siku

Kenali Gejala Psoriasis Vulgaris, Penyakit Kulit Dengan Kondisi Tebal Dan Bersisik Di Area Lutut Dan Siku

Psoriosis Vulgaris - Gejala Psoriasis vulgaris yang paling umum adalah munculnya bercak merah, bersisik, dan berkerak pada kulit yang ditutupi sisik keperakan. Psoriasis vulgaris juga dapat bergejala ringan, parah, mau pun tidak bergejala.

Jenis psoriasis yang paling banyak menyerang orang-orang adalah psoriasis plak. psoriasis plak adalah kondisi yang membuat sel-sel kulit terbentuk lebih cepat dibandingkan siklus hidupnya secara normal. 

Akibatnya, sel-sel kulit menumpuk. Ini adalah penyakit seumur hidup, artinya tidak dapat disembuhkan total. Kondisi ini datang dan pergi.

Pengobatannya bersifat jangka panjang dan hanya akan membantu meringankan kondisi atau untuk sesaat menghilangkannya. Seperti semua jenis psoriasis, penyakit psoriasis vulgaris ini tidak menular.

Psoriasis umumnya terjadi pada daerah-daerah tertentu seperti siku, lutut, kulit kepala, dan punggung, tetapi dapat terjadi di mana saja pada tubuh.

BACA JUGA:

Sel-sel kulit pada penderita psoriasis berkembang dengan cepat, hanya dalam beberapa hari, dibandingkan dengan siklus normal sel-sel kulit yang memakan waktu beberapa minggu.

Psoriasis vulgaris bisa menimbulkan rasa sangat gatal dan kadang menyakitkan. Kondisi ini juga bisa memberi tampilan kurang baik pada kulit jika tak diobati. Menggaruknya dapat menyebabkan kulit rusak, pendarahan, dan infeksi.

Lokasi Psoriasis vulgaris dapat berubah saat bercak sembuh. Bercak baru mungkin muncul di lokasi berbeda. Dalam beberapa kasus, psoriasis vulgaris bisa sangat parah. Jenis psoriasis ini bisa menutupi sebagian besar tubuh. 

Psoriasis vulgaris dengan tingkat keparahan ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan, dan bahkan berbahaya. Psoriasis bisa terinfeksi atau berkembang menjadi bentuk psoriasis lainnya.

Adapun beberapa gejala yang dialami oleh seseorang yang menderita Psoriasis vulgaris di antaranya:

  • Muncul plak bersisik yang dapat terasa gatal. Ukurannya bisa kecil terpisah atau berbentuk kumpulan dari plak-plak kecil.
  • Plak yang muncul juga bisa terlihat merah meradang atau mempunyai tekstur sisik dengan warna keperakan. Umumnya pada orang yang berkulit cerah kondisi kulit terlihat berwarna merah atau merah muda.
  • Kemudian untuk penderita yang berkulit gelap umumnya warna plak tersebut terlihat cokelat tua, abu-abu, atau ungu.
  • Psoriasis Vulgaris umumnya muncul di batang tubuh, lutut, sikut, kulit kepala, atau area-area tubuh lainnya.

BACA JUGA:

Dikutip dari Health Grades, penyebab psoriasis vulgaris tidak diketahui pasti. Namun, respons imun yang tidak lazim yang menyebabkan sel-sel kulit menumpuk di permukaan kulit. Sehingga, ini tergolong sebagai penyakit autoimun pada kulit.  

Gen penderitanya mungkin juga berperan karena psoriasis sering kali bersifat keturunan. Adapun menurut National Psoriasis Foundation (NPF), faktor-faktor yang diperkiran juga menjadi penyebab psoriasis vulgaris meliputi: 

  1. Stres 
  2. Cedera kulit 
  3. Infeksi 
  4. Efek penggunaan obat tertentu 
  5. Efek penggunaan alkohol 
  6. Efek penggunaan rokok atau produk tembakau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: