Waspada! Kabupaten Bogor, Bekasi, Garut Siaga Darurat Kekeringan

Waspada! Kabupaten Bogor, Bekasi, Garut Siaga Darurat Kekeringan

JAKARTA, RADARPENA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mengeluarkan peringatan status siaga darurat kekeringan di tiga Kabupaten.

Ketiga Kabupaten di Jabar yang sudah ditetapkan status tanggap darurat kekeringan tersebut yakni Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi serta Kabupaten Garut.

"BPBD masih terus bersiaga menghadapi kekeringan yang telah melanda 16 kota/kabupaten di Jawa Barat dengan total 109 kecamatan dan 268 desa terdampak kekeringan," kata Pranata Humas Ahli Muda BPBD Jabar Hadi, Rabu, 13 September 2023.

BACA JUGA:Mudah dan Gak Mahal! Cara Alami Merawat Ginjal Agar Tetap Sehat

Dengan ditetapkannya status siaga darurat kekeringan di tiga Kabupaten, BPBD telah memberikan suplai air bersih sebanyak 5.249.480 liter ke seluruh wilayah terdampak kekeringan di Jabar. 

"Kita sudah menyiapkan suplai-suplai air ke masyarakat yang terdampak untuk kebutuhan air bersih, karena itu yang paling penting," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan unsur pemerintah dengan ikut turut serta menyediakan peralatan teknis di lapangan, untuk bisa dikerahkan ke wilayah terdampak. 

BACA JUGA:Bank BTN Buka Lowongan Kerja untuk Posisi Officer Development Program, Fresh Graduate Boleh Daftar!

"Kami lakukan juga koordinasi dengan dinas-dinas untuk membantu sumber daya peralatan seperti mobil tangki agar bisa didorong ke wilayah-wilayah terdampak," tuturnya.

"BPBD Jabar juga telah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi dampak dari kekeringan, antara lain membangun kolam retensi sebagai upaya untuk mengurangi dampak yang lebih luas," pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: