Mengenal Manfaat Cuka Apel Yang Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Manfaat Cuka Apel Yang Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Cuka Apel -  Cuka Apel adalah salah satu jenis cuka yang terbuat dari sari apel. Cuka ini memiliki kandungan yang bersifat antimikroba. Cairan ini juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Selain itu, Cuka Apel juga tidak mengandung kolesterol dan sodium di dalamnya.

Salah satu manfaat cuka apel yang cukup terkenal adalah mampu membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, kandungan asam asetat di dalam cuka apel dapat meningkatkan enzim AMPK yang mampu mengoptimalkan proses metabolisme di dalam tubuh.

Proses pembuatan cuka apel yang melalui proses fermentasi juga meninggalkan sejumlah kandungan lainnya. Mulai dari asam asetat, asam gallic, hingga katekin.

Cairan ini sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Mulai dari membantu proses memasak, perawatan kesehatan tubuh, sampai membersihkan perlengkapan rumah tangga yang memiliki noda membandel.

BACA JUGA:

Meskipun begitu, banyak masyarakat yang mengonsumsi cuka apel untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Namun, jangan lupa untuk mengonsumsi cuka apel secara tepat ya! Tujuannya, agar terhindar dari berbagai efek samping yang terjadi akibat penggunaan cuka apel secara berlebih.

Berikut manfaat yang bisa kamu peroleh dari mengonsumsi cuka apel. Simak yuk!

  • Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang bisa dimanfaatkan sebagai eksfoliator alami untuk mengangkat kotoran maupun sel kulit mati pada wajah. Bahkan, larutan cuka sari apel yang diencerkan dengan sedikit air dapat digunakan untuk membasmi jerawat di wajah. Namun, manfaat cuka apel untuk mengatasi jerawat perlu ditinjau lebih lanjut.

 

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat dari cuka apel lainnya yaitu membantu menurunkan berat badan. Efek panjang dari mengkonsumsi cuka apel sebelum makan besar dapat menurunkan berat badan, walau tidak dalam jumlah yang banyak.

 

  • Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Tidak sedikit orang yang percaya bahwa cuka apel bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada pengidap hipertensi. Sayangnya, penelitian yang menjelaskan tentang manfaat cuka apel bagi tekanan darah baru teruji pada hewan, sehingga belum terbukti secara klinis pada manusia.

 

  • Memberikan Perlindungan Pada Sel Tubuh

Tahukah kamu apa persamaan antara buah-buahan, sayuran, kopi, dan coklat? Semuanya jenis makanan tersebut memiliki kandungan antioksidan polifenol, yang berperan penting sebagai pelindung sel tubuh dari penyakit berbahaya dan kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: