Berikut Tahapan Seleksi Tes CPNS 2023 Jangan Sampai Terlewat!

Berikut Tahapan Seleksi Tes CPNS 2023 Jangan Sampai Terlewat!

Tahapan Seleksi Tes CPNS 2023 - Pemerintah telah mengumumkan seleksi pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dimulai pada 17 September 2023 mendatang. Jumlah formasi dilingkungan pemerintahan pusat disiapkan sebanyak 28.903 CPNS dan 49.959 PPPK. 

Tingkat daerah target perekrutan sebanyak 296.084 PPPK guru, 154.724 PPPK tenaga kesehatan serta 42.836 PPPK tenaga teknis lain.

Dalam rekrutmen ASN 2023, formasi terbanyak akan dibuka untuk pelamar dari tenaga non-ASN atau honorer, dengan lowongan terbanyak dibuka untuk formasi guru dan tenaga kesehatan. 

Selain itu, pemerintah juga memberikan kesempatan untuk talenta digital dan data scientist, sedangkan rekrutmen pada formasi yang terdampak transformasi digital akan dikurangi.

Bagi kamu yang bercita-cita menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), ini adalah kesempatan emas yang tak boleh dilewatkan. Lantas, bagaimana tahapan seleksi CPNS tahun 2023? Simak ulasan di bawah ini!

BACA JUGA: 

Tahapan Seleksi CPNS 2023

  • Pendaftaran

Tahapan pertama dalam seleksi CPNS adalah pendaftaran. Pada saat pendaftaran, kamu harus mengisi formulir dengan informasi pribadi dan riwayat pendidikan. Pastikan kamu melengkapi semua data dengan benar dan jujur. Setelah mengisi formulir, kamu akan diberikan nomor registrasi yang akan digunakan pada tahap selanjutnya.

  • Daftar Akun SSCASN 

Sebelum melakukan pendaftaran, pelamar wajib mempunyai akun SSCASN, yang bisa diakses melalui https://sscasn.bkn.go.id. Setelah membuat akun, pelamar dapat login ke akun masing-masing dan melengkapi data-data yang diperlukan.

  • Daftar Formasi 

Setelah menyelesaikan tahap pendaftaran, peserta dapat memilih jenis seleksi dan formasi yang sesuai kualifikasi masing-masing. Pelamar harus melengkapi dokumen-dokumen persyaratan, dan mengunggahnya ke dalam sistem. Jangan lupa untuk cek resume, memastikan kebenaran data yang dimasukkan, sebelum mengakhiri pendaftaran.

  • Seleksi Administrasi

  1. Daftar online di sscn.bkn.go.id untuk mendapatkan Kartu Pendaftaran
  2. Unggah dokumen pendaftaran
  3. Verifikasi dokumen
  • Seleksi Kompetensi Dasar

  1. Menggunakan Computer Assisted Test (CAT)
  2. Materi Tes
  • Seleksi kompetensi bidang (SKB) 

Pelamar melaksanakan ujian seleksi kompetensi bidang (SKB) sesuai ketentuan masing-masing instansi.

  • Seleksi Wawancara dan Tes Psikologi

Tahapan selanjutnya adalah wawancara dan tes psikologi. Pada tahap ini, kamu akan diwawancarai oleh panel seleksi yang terdiri dari beberapa pihak terkait. Wawancara bertujuan untuk menguji kemampuan komunikasi, kepemimpinan, dan pemecahan masalahmu.

BACA JUGA:

Setelah melewati tahapan sebelumnya, kamu akan menjalani seleksi kesehatan. Pada tahap ini, kamu akan diperiksa secara medis untuk memastikan bahwa kamu sehat dan mampu menjalankan tugas sebagai seorang PNS.

  • Pengumuman Kelulusan 

Pelamar dinyatakan lolos setelah pengolahan hasil akhir seleksi CPNS, maka dapat melanjutkan ke tahap pemberkasan. Perlu diketahui, setiap instansi mempunyai persyaratan khusus terkait posisi yang dibuka, sehingga pelamar wajib membaca syarat pendaftaran masing-masing instansi, sebelum memutuskan mendaftar atau memilih suatu formasi.

  • Pemberkasan Dokumen

  1. Melenggkapi seluruh dokumen
  2. Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  3. Surat Pernyataan tidak terikat dengan instansi lain
  4. Pernyataan tidak terlibat dalam partai politik
  5. Pernyataan kesediaan untuk ditempatkan di mana saja
  6. Surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah
  7. Pernyataan bebas narkoba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: