Cara Naik LRT Terbaru Indonesia, LRT JABODEBEK

Cara Naik LRT Terbaru Indonesia, LRT JABODEBEK

LRT JABODETABEK - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjelaskan tahapan naik transportasi terbaru Indonesia yakni LRT Jabodebek yang telah diresmikan Jokowi pada 28 Agustus 2023.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjelaskan tahapan naik transportasi terbaru Indonesia yakni LRT Jabodebek yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi )pada 28 Agustus 2023.

EVP Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan sama dengan transportasi massal lainnya. Operasi LRT Jabodebek akan dimulai sejak pagi.

"Nantinya, ketika beroperasi penuh, waktu operasional LRT Jabodebek akan dimulai pukul 05.00 WIB hingga 23.30 WIB," ujar Agus dalam keterangan resmi, Jumat 25 Agustus 2023.

Ada dua line perjalanan LRT, yakni Cibubur yang melewati Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Harjamukti PP dan line Bekasi yang melintasi Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Halim-Jatimulya PP. Total, LRT tersedia di 18 stasiun yang menghubungkan Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Rencananya, ada 434 perjalanan LRT Jabodebek yang bakal melayani penumpang setiap harinya. Agus menyebut kapasitas satu rangkaian LRT Jabodebek bisa menampung hingga 1.308 penumpang.

Cara Naik LRT Terbaru Jabodebek

Berikut cara naik LRT Jabodebek:

1. Siapkan kartu elektronik

Pembayaran LRT Jabodebek menggunakan sistem cashless, yakni via kartu elektronik, seperti kartu multi trip (KMT) KAI hingga berbagai e-money perbankan lain. Anda juga bisa menggunakan scan QRIS Link Aja dan KAI PAY.

"Bagi masyarakat yang kehabisan saldo ataupun belum membawa kartu uang elektronik, LRT Jabodebek menyediakan 2 unit ticket vending machine untuk top up kartu uang elektronik dan loket penjualan kartu uang elektronik di setiap stasiun. 

2. Tap in di gate

Setelah memiliki kartu uang elektronik atau dompet digital, Anda bisa menuju gate untuk melakukan tap in di stasiun keberangkatan. Setelah sukses, pelanggan bisa menuju peron sesuai dengan tujuan perjalanan.

3. Tertib di LRT Jabodebek

Saat kereta tiba, penumpang bisa masuk ke gerbong dengan tertib. Agus berpesan, dahulukan penumpang yang turun.

4. Tap out di stasiun tujuan

Setibanya di stasiun tujuan, Anda bisa langsung melakukan tap out di gate yang tersedia. Setelah itu, saldo kartu uang elektronik atau dompet digital otomatis terpotong.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: