Helm Bogo, Ternyata Sejarahnya Sangat Mengejutkan

Helm Bogo, Ternyata Sejarahnya Sangat Mengejutkan

Helm bogo - Banyak aksesoris yang bisa kamu gunakan jika kamu seorang pemotor, salah satunya adalah Helm. Selain berfungsi utama untuk melindungi kepala dan merupakan salah satu aksesoris motor yang wajib dimiliki semua pemotor, nyatanya Helm juga memiliki peminat untuk mengoleksi banyak jenisnya loh.

Terlebih bagi pecinta motor antik dan klasik yang baru baru ini sedang diminati lagi oleh kalangan muda. Motor motor dengan gaya vespa atau scoopy sering kali kita lihat hilir mudik di jalanan kota, dengan warna warna yang mencolok dan bodi motor yang terkesan klasik menjadi daya tarik tersendiri.

Rasanya tidak lengkap jika berkendara dengan motor vespa tanpa helm klasiknya yang sering kita sebut helm Bogo. Hal ini karena desain retro yang menarik dan memberikan kesan vintage dari segi tampilannya, membuat helm Bogo menjadi pendamping yang melengkapi saat berkendara sore kamu dengan motor vespa.

Bicara soal helm Bogo yang nyentrik dengan bentuk dan warnanya, ternyata design helm ini sudah ada sejak tahun 1950-an loh.

Mau tahu lebih lanjut mengenai sejarah helm Bogo ini? Mari simak bersama

BACA JUGA:Helm Bogo: Inovasi Helm Klasik Pelindung untuk Semua

BACA JUGA:Helm KYT, Berkendara dengan Gaya, Melindungi Bagian Penting Anda

SEJARAH HELM BOGO

Semua berawal dari penemuan sepeda motor oleh Gottlieb Daimer pada tahun 1885, saat itu eksistensi motor masihlah sangat minim dan beberapa orang dan instansi tertentu saja yang menggunakan kendaraan ini untuk aktivitas.

Selanjutnya, di tahun 1931 sampai 1953, barulah banyak bermunculan jenis jenis motor yang beragam. Selain munculnya berbagai macam jenis motor, banyak perusahaan juga mengembangkan kembali mesin motor yang mereka buat agar semakin baik dan kencang.

Karena terkenalnya motor pada seling tahun itu, banyak orang juga mulai memakai motor untuk beraktivitas, namun mereka belum memikirkan soal keselamatan dan alat pelindung saat berkendara, sehingga terjadi banyak sekali kasus kecelakaan.

Orang orang mulai berpikir untuk melindungi diri mereka saat berkendara karena kasus kasus kecelakaan itu untuk mengurangi cedera yang serius terlebih di bagian kepala. Tepatnya di awal 20, salah seorang pembalap sepeda motor yaitu T.Tessier, dengan motor bikinan Inggris BAT 1903, dia melindungi kepalanya dengan topi kain saja.

Helm baru dibuat dengan bahan dan material yang lebih baik pada tahun 1940-an, tepatnya saat perang dunia kedua. Helm pada saat ini difungsikan untuk melindungi kepala para tentara di medan perang, karena itu banyak desain helm pada zaman itu mirip seperti helm tentara.

Barulah di era 1950-an helm open face dengan desain minimalis yang kalau di era sekarang mirip Bogo itu lahir. Saat itu helm ini dibuat beberapa pabrikan ternama seperti Davida tipe Speedster Helmet, Retroclassic, Bell dan yang lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: