Kenali Tanda Gejala Kolesterol Tinggi Yang Ada Pada Tubuhmu

Kenali Tanda Gejala Kolesterol Tinggi Yang Ada Pada Tubuhmu

Tanda Gejala Kolestrol Tinggi -  Kolesterol kerap menjadi penyebab berbagai gangguan di tubuh, seperti penyakit jantung hingga tekanan darah tinggi.

Aterosklerosis ini bisa mempersempit arteri dan mengurangi aliran darah ke jaringan tubuh lain. Masalah yang bisa terjadi saat terjadi aterosklerosis akibat kolesterol adalah serangan jantung dan stroke.

Faktor gaya hidup yang paling sering menjadi penyebab kolesterol tinggi adalah kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak atau kolesterol tinggi.

Seiring waktu, banyak komponen tubuh yang mungkin mulai menunjukkan indikator kadar kolesterol tinggi , yang pada akhirnya bisa meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke serta sejumlah masalah kesehatan lain yang dapat timbul akibat berkembangnya timbunan lemak di pembuluh darah. 

Bukan hanya itu saja, kolesterol tinggi juga bisa memengaruhi organ tubuh lain, bahkan di bagian tungkai dan kaki Anda. Kaki dan tungkai orang dengan kolesterol tinggi bisa mengalami kondisi yang disebut penyakit arteri perifer.

BACA JUGA:

Kadar kolesterol tinggi terkadang tidak menunjukkan gejala khusus, sehingga sering kali kita tidak menyadarinya. Bahkan, beberapa gejalanya cukup umum, seperti mudah lelah dan kesemutan. Sehingga, apabila gejala-gejala tersebut terjadi terlalu sering, maka patut diwaspadai.

Adapun beberapa gejala kolesterol tinggi yang perlu kita waspadai, di antaranya adalah sebagai berikut.

Suka Mengantuk 

Sering mengantuk bisa menjadi salah satu dampak tidak langsung dari kolesterol tinggi dan adanya sumbatan pada pembuluh darah. Suka mengantuk dikaitkan dengan asupan aliran darah yang membawa oksigen ke otak berkurang. Dengan ini, keluhan sering mengantuk dan mudah lelah pun dapat terjadi. 

 

Nyeri Kaki 

Nyeri kaki juga bisa menjadi tanda kolesterol tinggi lainnya. Serupa dengan asal usul rasa lelah akibat kolesterol tinggi, penumpukan plak yang terjadi pada pembuluh darah di kaki, dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri di bagian kaki.

 

Pegal pada Tengkuk atau Pundak

Tengkuk atau pundak terasa pegal? Ada kemungkinan hal itu terjadi karena kurangnya suplai oksigen serta darah ke daerah tersebut akibat penumpukan kolesterol. Segera atasi agar tidak berkelanjutan.

 

Sakit kepala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: