Kenali Manfaat Daun Salam Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Kenali Manfaat Daun Salam Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan -  Salam merupakan nama tumbuhan penghasil daun rempah yang digunakan untuk masakan Nusantara. Tumbuhan ini memiliki nama latin Syzygium polyanthum. Nah, ternyata ada segudang manfaat Daun Salam untuk Kesehatan pada tubuh kita yang jarang diketahui loh.  

Daun salam dalam Bahasa Inggris juga disebut sebagai Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel. Kandungan daun salam diantaranya yakni senyawa niasin, serat, tannin, dan vitamin C, vitamin B2, vvitamin B3, alkaloid, steroid, triterpenoid, maupun flavonoid

Daun salam dapat digunakan secara langsung, dikeringkan, ditumbuk, atau dikonsumsi secara utuh. Sayangnya, daun ini akan sedikit terasa pahit jika dimakan langsung. 

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Daun salam yang biasa digunakan sebagai pelengkap masakan ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Melansir dari Health Shots, Webmd, dan Healthline berikut di antaranya:

BACA JUGA:

1. Membantu Menambah Kesehatan Sistem Kekebalan Tubuh

  • Daun salam merupakan salah satu sumber vitamin A, Vitamin B6, dan vitamin C. Semua vitamin ini diketahui mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

2. Membantu Memperlancar Pencernaan

  • Mengkonsumsi teh daun salam diyakini bisa membantu meringankan sakit perut, mencegah kerusakan lambung, dan melancarkan buang air kecil. Senyawa organik yang ditemukan dalam daun salam efektif untuk mengatasi sakit perut, meredakan sindrom iritasi usus besar bahkan memudahkan mencerna makanan.

3. Mencegah Serangan Jantung

  • Daun salam mengandung kandungan senyawa antioksidan dan serat. Nutrisi-nutrisi tersebut mampu menurunkan kadar gula darah serta kolesterol, sehingga serangan jantung maupun penyakit kardiovaskuler lainnya dapat dicegah. Diabetes dan kolesterol tinggi merupakan faktor yang meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah.

4. Mengatasi Sakit Perut

  • Di dalam daun salam juga terkandung serat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Selain untuk meredakan sakit perut, daun salam juga telah lama diolah menjadi teh herbal untuk mengatasi masalah pencernaan lainnya, seperti perut kembung maupun sakit pada ulu hati.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

  • Saat terjadi luka, tubuh akan mengalami proses peradangan lokal sebagai bagian dari proses penyembuhan. Senyawa flavonoid dan tannin dalam daun salam memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan pada area luka. Dengan begitu, luka akan lebih cepat sembuh. Itulah salah satu manfaat daun salam yang bisa Anda peroleh.

6. Mencegah Osteoporosis

  • Mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis juga merupakan manfaat daun salam. Kandungan magnesium dalam daun salam dapat menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. Selain itu magnesium juga bisa memastikan fungsi saraf dan otot berjalan normal.

7. Mencegah Stres dan Depresi

  • Kandungan linalool dalam daun salam ini dapat menurunkan tingkat stres dan kecemasan pada tubuh. Manfaat daun salam ini berasal dari senyawa yang memberikan efek menenangkan, sehingga otak dan tubuh menjadi lebih tenang. 

8. Menurunkan Risiko Batu Ginjal

  • Manfaat daun salam yang terakhir adalah menurunkan risiko batu ginjal. Caranya dengan mengonsumsi air rebusan ekstrak daun salam. Cairan ini bekerja dengan mengurangi urease, yakni enzim yang menjadi penyebab gangguan lambung dan penyakit batu ginjal. Terkait dengan manfaat ini, masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

BACA JUGA:

9. Membantu Memperlancar Pernapasan

  • Daun salam merupakan salah satu sumber minyak atsiri. Minyak atsiri yang diekstrak dari daun salam ini dapat digunakan untuk meringankan berbagai kondisi pernapasan.

10. Membantu Melawan Infeksi Jamur

  • Daun salam telah terbukti memiliki sifat antijamur yang ampuh memerangi jamur. Selain itu, daun salam juga mengandung vitamin C yang bisa melindungi kulit dari segala jenis infeksi dan iritasi.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dimiliki daun salam yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: