Kisah Tauladan Nabi Ibrahim AS, Bapak Para Nabi dan Rasul

Kisah Tauladan Nabi Ibrahim AS, Bapak Para Nabi dan Rasul

Ketika Ismail beranjak dewasa, Allah memerintahkan Nabi Ibrahim AS membangun Ka'bah sebagai rumah ibadah pertama bagi umat manusia.

Sesuai petunjuk Allah SWT, Nabi Ibrahin AS dan Ismail bekerja menyusun batu dan menempatkannya sesuai petunjuk.

Setelah Ka'bah selesai dibangun, Allah SWT memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menyeru manusia untuk datang berhaji ke Ka'bah.

Sejak saat itu Ka'bah menjadi tempat suci bagi umat Islam dari seluruh penjuru dunia untuk melaksanakan ibadah haji.

6. Ujian Dakwah

Nabi Ibrahim AS kembali ke negerinya setelah selesai membangun Ka'bah. Beliau masih berusaha membuat kaumnya berhenti menyembah berhala dan mengikuti jalannya menyembah Allah SWT.

BACA JUGA:

Namun, para penyembah berhala masih tidak mau mengikuti ajaran Nabi Ibrahim AS. mereka malah menghina dan mencela Nabi Ibraim AS dan Allah yang Ia sembah.

Meskipun Nabi Ibrahim AS menantang mereka untuk menunjukkan mukjizat patung berhala dan mereka tidak dapat menunjukkannya, mereka tetap tidak mau mengikuti Nabi Ibrahim AS dan semakin sombong.

Wafatnya Nabi Ibrahim AS

Nabi Ibrahim AS wafat di usia 175 tahun di Palestina. Beliau kemudian dimakamkan disamping makam istrinya Sarah di gua Makhpela, Hebron.

Nabi Ibrahim AS meninggalkan keturunan yang mulia Ismail dan Ishaq, yang menjadi nenek moyang para Nabi dan Rasul setelahnya.

Keturunan Ismail dan Ishaq diantaranya, Nabi Musa AS, Nabi Daud AS, Nabi Sulaiman AS, Nabi Isa AS, dan Nabi Muhammad SAW.

Nabi Ibrahim AS adalah sosok teladan bagi umat Islam dalam hal keimanan dan keikhlasan terhadap pengabdiannya kepada Allah SWT.

Beliau mendapat julukan Al Khalil (kekasih) Allah SWT karena kedekatan dan kecintaan kepada Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: