Kisah Tauladan Nabi Ibrahim AS, Bapak Para Nabi dan Rasul

Kisah Tauladan Nabi Ibrahim AS, Bapak Para Nabi dan Rasul

2. Ujian Hijrah

Nabi Ibrahim AS tidak berhasil mengajak kaum penyembah berhala beriman kepada Allah SWT. Beliau memutuskan hijrah meninggalkan negerinya bersama  istrinya Sarah dan keponakannya, Luth.

Nabi Ibrahim AS berkelana ke Mesir, Palestina, Suriah, hingga Mekkah.

BACA JUGA:

3. Ujian Istri Kedua

Ketika berada di Mesir, istri Nabi Ibrahim AS disukai oleh Raja Fir'aun, dan ingin mempersuntingnya. Allah SWT mengirimkan Malaikat Jibril untuk melindungi Sarah dengan menampar Fir'aun setiap kali ingin mendekati Sarah.

Akhirnya Fir'aun menyerah dan memberikan hadiah seorang budak bernama Hajar. Sarah memberikan Hajar kepada Nabi Ibrahim untuk menjadikannya sebagai istri kedua.

4. Ujian Anak

Nabi Ibrahim AS tidak memiliki keturunan ketika bersama Sarah, kemudian Allah SWT memberikan seorang anak laki-laki bernama Ismail dari istri keduanya Hajar.

Nabi Ibrahim sangat mencintai anaknya Ismail, namun Allah SWT memberikan ujian keimanan berupa perintah untuk menyembelih anaknya, Ismail, sebagai kurban.

Ismail adalah anak yang istimewa, mengetahui perintah penyembelihan dirinya datang dari Allah SWT, Ismail dengan rela agar ayahnya menuruti perintah tersebut.

Dengan penuh kesabaran dan ketakwaan, Nabi Ibrahim AS hendak menyembelih Ismail, Allah SWT kemudian mengganti tubuh Ismail dengan seekor domba yang akan disembelih sebagai kurban.

Allah SWT menguji keikhlasan dan ketaatan Nabi Ibrahim AS dan Ismail dan memberikan memberikan anak kedua dari istrinya Sarah, bernama Ishaq.

BACA JUGA:

5. Ujian Pembangunan Ka'bah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: