Jangan Remehkan Uban di Usia Muda, Cek Penyebabnya

Jangan Remehkan Uban di Usia Muda, Cek Penyebabnya

JAKARTA,RADARPENA-Rambut yang beruban biasanya identik dengan usia seseorang  yang mulai beranjak menua dikisaran 40 tahun ke atas. Namun terkadang sering terjadi , seseorang itu mengalami perubahan warna rambut alias sudah beruban saat usia masih muda atau dibawah 40 Tahun.  Sering terjadi usia masih 20 – han tahun tetapi sebagian rambut sudah ada yang memutih

Jika mengalami  perubahan warna rambut (uban)  di saat usia masih muda, anda tidak perlu panik. Sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Melalui dokter dapat dijelaskan kemungkinan penyebab dan cara mencegahnya agar proses perubahan warna rambut (uban) tidak terlalu cepat melebihi dari usia yang seharusnya.

Beberapa penyebab yang memungkinkan seseorang itu beruban saat usia masih muda adalah sebagai berikut

1.            Kekurangan Vitamin Tertentu

Kekurangan vitamin tertentu bisa memicu  rambut seseorang itu beruban. Vitamin tertentu berfungsi untuk  menyuburkan menyegarkan rambut. Jika asupan vitamin tertentu seperti B12 kurang, bisa membuat produksi sel darah merah berkurang dan oksigen tidak mencapai ke sel rambut.

2.            Faktor Genetika

Faktor keturunan memainkan Peran yang cukup besar untuk menjadikan seseorang itu beruban atau tidak saat diusia muda. Dalam kasus tertentu bahkan ada orang yang sudah tua justru tidak beruban, karena ayahnya juga saat berusia tua tidak ada uban dirambut.

 3.            Efek bahan kimia pada produk perawatan rambut

Bahan kimia, sebagai produk perawatan rambut yang terkena ke bagian rambut, jika tidak cocok, serta paska penggunaan yang idak baik (misal mencuci rambut, kurang bersih), dapat berakibat buruk ke rambut. Sisa-sisa bahan kimia masih menempel dihelai-helai rambut dan dan dapat membuat rambut rusak, sampai berubah warna.

 4.            Stress

Strees juga bisa menjadi penyebab munculnya uban, sebelum waktu tiba. Terlalu berat dalam berfikir, membuat oksigen tidak sempurna mengalir ke sel-sel rambut dan bisa memicu rambut menua atau berubah warna atau bahkan mati. Stress yang tidak terkelola dengan baik, dapat memicu penyakit lain yang lebih parah kepada rambut, selain ubanan sebelum waktu, juga dapat membuat rambut rontok.

 5.            Merokok

Merokok yang terlalu berlebih-lebihan juga dapat memicu uban muncul sebelum usia menua.. Paparan asap rokok tidak baik untuk  kesehatan. Efeknya bisa membuat pembuluh darah mengecil sehingga membuat aliran darah ke sel rambut ke folikel Rambut. Dikutip dari Wikipedia, folikel rambut unti penting dalam produksi rambut. Folikel rambut memiliki rangkaian pertumbuhan dan istirahat yang berkelanjutan hingga membentuk suatu siklus. (iaa)***

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: