Evakuasi Lokomotif KA Brantas, Dua Jalur Kereta Api Di Semarang Sudah Dapat Dilalui

Evakuasi Lokomotif KA Brantas, Dua Jalur Kereta Api Di Semarang Sudah Dapat Dilalui

JAKARTA, RADARPENA – Sejak semalam relawan setempat dibantu aparat dan petugas berusaha mengevakuasi badan truk serta lokomotif KA Brantas agar dapat dilalui oleh jadwal - jadwal keberangkatan selanjutnya.

Penundaan beberapa keberangkatan terjadi cukup lama yaitu berkisar antara 2 jam.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko menjelaskan perkembangan terbaru dari kecelakaan Kereta Api 112 Brantas yang menabrak sebuah truk. Peristiwa itu terjadi di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Semarang Barat, Selasa malam, 18 Juli 2023.

Menurut dia, pada Rabu 19 Juli 2023 dini hari, jalur hulu pada petak jalan Jerakah - Semarang Poncol sudah dapat dilalui KA kembali. Proses evakuasi pasca kecelakaan KA tujuan Pasar Senen - Blitar dengan truk sudah selesai dilakukan.

“Mulai pukul 04.28 WIB pagi tadi, Alhamdulillah proses evakuasi lokomotif eks KA 112 Brantas sudah selesai di evakuasi dan jalur hulu dapat dilalui kereta api dengan kecepatan terbatas,” ujar dia lewat keterangan tertulis PT KAI, Rabu 19 Juli 2023.

Pukul 05.17 WIB, KA 130 Gumarang dengan relasi Pasar Senen - Surabaya Pasarturi telah berhasil melewati melalui jalur hulu dengan batas kecepatan 5 kilometer per jam. Saat ini jalur hulu sudah dapat dilalui KA dengan batas kecepatan menjadi 10 km/jam. 

“Dengan ini dua jalur KA di Semarang sudah dapat dilalui KA kembali. Untuk jalur hilir sudah dapat dilalui dengan kecepatan normal, sedangkan di jalur hulu sudah dapat dilalui dengan kecepatan terbatas,” kata Ixfan.

Meski jalur sudah dapat dilalui dengan kecepatan terbatas, kepadatan di lintas masih terjadi dan secara bertahap akan terurai. KAI, kata dia, berupaya secepatnya menormalkan kembali seluruh jadwal perjalanan kereta api.

Selain itu, Ixfan berujar, KAI berkomitmen selalu mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA. Hingga saat ini masih ada beberapa KA yang mengalami keterlambatan, di antaranya KA 78F Pandalungan sebanyak 124 menit, KA 126 Harina 155 menit, KA 16 Argo Muria 145 menit, dan KA 130 Gumarang 147 menit.

Sebagai bentuk kompensasi ke pelanggan, KAI juga memberikan service recovery berupa minuman, makanan ringan, hingga makanan berat kepada pelanggan yang perjalanan KA-nya terdampak. "KAI memohon maaf kepada seluruh pelanggan atas keterlambatan yang terjadi. Saat ini KAI sedang berupaya secara maksimal agar perjalanan kereta api kembali normal," tutur Ixfan.

(dms)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: