Ketahui Manfaat Telur Ayam Kampung Untuk Kesehatan

Ketahui Manfaat Telur Ayam Kampung Untuk Kesehatan

JAKARTA, RADARPENA - Taukah kamu bahwa telur ayam kampung kaya akan manfaat,telur ayam tak kampung tak hanya bisa dikonsumsi untuk lauk makan saja, telur ayam kampung yang masih mentah berguna sebagai bahan campuran untuk jamu atau minuman herbal.

Kandungan yang terdapat di dalam telur ayam kampung memiliki kandungan gizi yang lebih unggul daripada ayam ras. Telur ayam kampung mengandung vitamin E dua kali lipat yang baik untuk kesehatan jantung, baik untuk mata, bisa meningkatkan kesuburan serta fungsi otak.

Tak hanya itu, telur ayam kampung juga diperkaya dengan kandungan karbohidrat, protein dan nutrisi yang tinggi. 

BACA JUGA:Kenali Manfaat Minyak Ikan Untuk Anak

Berikut ini dilansir dari berbagai sumber, manfaat telur ayam kampung untuk kesehatan tubuh :

1. Mampu mencegah katarak

Kandungan vitamin A, lutein, dan zeaxanthin yang terdapat pada kuning telur baik untuk mengoptimalkan penglihatan mata.

Vitamin A memang dikenal baik untuk mengoptimalkan kemampuan penglihatan. Sementara lutein dan zeaxanthin merupakan antioksidan yang aktif bekerja pada retina mata.

Kekurangan lutein dan zeaxanthin dapat meningkatkan risiko penyakit katarak, degenerasi makula, dan mempercepat penuaan mata.

2. Baik untuk kesehatan otak

BACA JUGA:Kenali Manfaat Vitamin B1 Bagi Tubuh

Manfaat telur ayam kampung selanjutnya yaitu baik untuk kesehatan otak. Kandungan nutrisi yang ada di dalam telur ayam kampung juga memiliki banyak kolin yang bisa mendukung fungsi saraf dan memori.

Kolin bertugas untuk mengoptimalkan produksi sel-sel otak serta membangun membran sel yang berfungsi mengantarkan sinyal pada otak. Dalam satu butir telur ayam kampung, terkandung kurang lebih 100 gram kolin.

3. Mampu menurunkan berat badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: