Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, Kiblat Pertama Ummat Muslim

Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, Kiblat Pertama Ummat Muslim

JAKARTA, RADARPENA-Masjidl Al-Aqsa merupakan kilbat pertama Ummat Islam sebelum datang perintah Allah untuk  merubah arah ke kiblat ke Masjidil Haram di Makkah Al-Mukaramah. Masjidl Al-aqsa merupakan Masjid suci  bagi ummat Muslim ke-3 setelah Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Kota Madinah. Masjid ini memiliki ciri khas yakni kubahnya yang besar dan berwarna kuning keemasan.

Perubahan arah kiblat dari Masjid Al-Aqsa di Palestina ke Masjidil Haram di Makkah Al-Mukaramah terjadi ditahun ke -2 Hijriah, turun perintah Allah melalui Rasulullah SAW yang termaktub dalam firman Allah SWT dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 144.

قَدْ نَرٰى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِى السَّمَاۤءِۚ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضٰىهَا ۖ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ شَطْرَهٗ ۗ وَاِنَّ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ لَيَعْلَمُوْنَ اَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَّبِّهِمْ ۗ وَمَا اللّٰهُ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُوْنَ

Artinya Kami melihat wajahmu (Muhammad) menengadah ke langit maka akan kami palingkan engkau ke Kiblat yang engkau senangi. Maka hadapkanlah wajah mu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja engkau berada,hadapkan wajahmu ke arah itu. Dan sesungguhnya orang-orang yang diberi kitab (Taurat dan Injil) tahu, bahwa pemindahan Kiblat itu adalah kebenaran dari Tuhan mereka. Dan Allah tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan (QS: Albaqarah :144)

BACA JUGA:Yuk! Ke Galeri Rasulullah di Masjid Al-Jabbar, Ini Dia Caranya

Masjid Al-Aqsa sangat mulia dalam pandangan Allah dan ummat Muslim, karena sejarahnya. yang sangat panjang. Kemulyaan Masjid ini adalah saat Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk melakukan Isra’ Mi’raj dari Masjid Haram di Makkah Al-Mukaramah menuju ke Masjidil Aqsa di Palestina

Nabi Muhammad sebelum melaksanakan Mi’raj alias naik ke langit hingga menembus langit ke-7, beliau sempat melaksanakan shalat Sunnah 2 rakaat tahiyatul Masjid. Selanjutnya dari dalam aeral Masjid ini juga Nabi Muhammad bersama Malaikat Jibril dan Buraq tunggangannya melaksanakan mi’raj guna menjumpai Allah di Sidratul Muntaha.

Kemulyaan Al-Aqsa antara lain tergambar dari Hadist Nabi Muhammad SAW  berupa mendapatkan pahala yang sangat besar jika melaksanakan salat di Masjid yang berada di Kota Yerusalem ini.

BACA JUGA:Palestina Meminta Bantuan Indonesia, Pasal Israel Ingin Membelah Masjidil Al Aqsa

عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَال: فَضْل الصَّلاَةِ فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ عَلَى غَيْرِهِ بِمِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ، وَفِي مَسْجِدِي أَلْفُ صَلاَةٍ وَفِي مَسْجِدِ بَيْتِ الْمَقْدِسِ خَمْسُمِائَةِ صَلاَةٍ

Arab latin: An abi ad-darda RA: aninnabiyyi SAW qala: fadhalusshalati fil-masjidil-harami ala ghairihi bimi-ati alfi shalatin, wa fi masjidiy alfu shalatin wa fi masjidi baitil-maqdisi khamsu mi-ati shalati.

Artinya: “Dari Abu Darda, Nabi bersabda: sholat di Masjid Al-Haram lebih utama sebanyak 100 ribu kali dibandingkan shalat di masjid lainnya. Dan di masjidku (Masjid Nabawi), lebih utama 1.000 kali, sedangkan di Baitul Maqdis (Al-Aqsa), lebih utama 500 kali”.

Masyarakat Muslim, jika situasi sedang aman, bisa melaksanakan salat di Masjid Al-Aqsa ini, walau dari tempat yang jauh seperti dari Indonesia. Sekarang ada Travel perjalanan ibadah haji dan Umrah yang membuka layanan perjalanan ke Masjid yang suci bagi tiga agama besar di dunia ini. (iaa)***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: