Ketahui Manfaat Vitamin B1, Bagi Ibu Hamil,

Ketahui Manfaat Vitamin B1,  Bagi Ibu Hamil,

JAKARTA, RADARPENA - Bumil atau ibu hami, sehari-hari membutuhkan energi lebih besar dibanding saat tidak hamil. mengapa demikian. jawabannya selain tenaga untuk kebutuhan diri sendiri, juga untuk kebutuhan jabang bayi yang sedang dikandung. Saat bumil bertenaga membuat aktifitas sehari-hari bersama bayi didalam kandungan jadi lebih lancar.

Selain itu juga, makanan dan asupan vitamin untuk  Bumil, porsinya harus lebih saat sebelum hamil,karena asupan makanan dari jabang bayi yang dikandung berasal dari makanan dan minuman yang di konsumsi oleh si Ibu.

Ini pula yang perlu diperhatikan ibu hamil menjaga makanan dan pola makannnya. Khusus Vitamin B1, memiliki peran yang sangat penting bagi sang ibu, terutama saat-saat kandungan sudah mulai memasuki usia diatas 3 bulan alias saat-saat kandungan sudah mulai membesar.

Vitamin B1 merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh seorang ibu hamil (Bumil), karena vitamin B1 mampu merubah kalori menjadi energi lebih cepat dari proses biasa. Penjelasan ini tentu mudah dipahami, jika seorang Bumil kekurangan B1, akan memperlambat proses pengubahan  kalori menjadi energi atau sumber tenaga.  Jika Bumil kekurangan energi, akan mengggu aktfitas Bumil, dapat menjadi lemas, malas beraktifitas, tidak bertenaga dan lain-lain.

BACA JUGA:Manfaat Jeruk: Buah Segar yang Penuh Khasiat

Kalori yang mengendap memiliki Efek buruk, jika tidak terserap menjadi energi karena tidak terolah secara baik bisa menimbulkan penyakit baru. Salah satunya dapat membuat Bumil menjadi gemuk, dan bisa menghambat gerak otot

Berikut  makanan-makanan yang banyak mengandung Vitamin B1

1.         Hati Sapi

Hati sapi, banyak mengandung vitamin B1 dan sangat cocok dikonsumsi oleh Bumil. Rasanya juga sangat enak, bisa digoreng maupun dibuat gulai santan. Walau harganya cukup mahal, namun kandungan Vitamin B1nya sangat tinggi.

2.         Kerang

Kerang-kerangan juga merupakan sumber asupan vitamin B1. Kerang merupakan makanan laut. Selain mengandung vitamin B1 kerang juga juga mengandung vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin A,  Vitamin C, Vitamin K. Tetapi disarankan jangan terlalu banyak mengkonsumsi kerang-kerang, mengingat efek samping dari kerang juga ada antara lain bisa memicu munculnya kolesterol.

BACA JUGA:Apa Itu Micellar Water ? Berikut Manfaat Dan Fungsinya

3.         Kacang-kacangan

Diantara kacang-kacang yang banyak mengandung vitamin B1 adalah kacang Hijau. Kacang ini sangat enak jika dibubur kacang hijau. Caranya direbus ditambahkan santan kelapa dan gula merah. Dengan demikin Bumil sangat cocok mengkonsumi bubur kacang hijau. Bubur ini mudah didapat karena bisa dibuat sendiri maupun dibeli di Pasar-pasar.

4.         Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari juga merupakan sumber dari Vitamin B, yang cocok juga di konsumsi oleh seorang Bumil

5.         Ikan Salmon

Ikan ini tidak ada di Indonesia, sehingga perlu impor dari negara lain, untuk  kebutuhan konsumsi di Indonesia. meski begitu Bumil disarankan mengkonsumsi ikan ini, untuk  kebutuhan Vitamin B1. (iaa)*** 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: