4 Macam Mukzizat Rasulullah SAW yang Sangat Besar

4 Macam Mukzizat Rasulullah SAW yang Sangat  Besar

JAKARTA, RADARPENA - Setidaknya dalam Al-quran dan Hadist, Nabi Muhammad SAW memiliki 10 macam Mukzizat  yang dikaruniakan Allah kepada dirinya. Dari ke-10 Mukzizat itu, terdapat setidaknya empat (4) mukzizat yang sangat besar.

Mukzizat itu  terjadi hanya untuk  diri Rasulullah SAW seorang sebagai insan pilihan kekasih agung Allah SWT Tuhan semesta Alam. Mukzizat ini tidak akan mungkin dapat terjadi kepada manusia lain sesudahnya atau sebelumnya hingga dunia kiamat.

Berikut 4 Mukzizat Nabi Muhammad SAW yang sangat besar dirangkum dari berbagai macam sumber

1.      Peristiwa Isra’ Mi’raj

Isra’ dan Mi’raj merupakan Mukzizat Rasulullah SAW yang sangat dahsyat. Beliau mengikuti perjalanan malam dari Masjid Haram di Makkah Arab Saudi  ke Masjidil Aqsa di Palestina. Lalu beliu naik ke langit hingga menembus langirt ke-7 untuk  menjumpai Allah SWT di Sidratul muntaha  yang memiliki jarak tak terhingga jauhnya. Perjalanan itu bersama Malaikat Jibril dengan menunggang seekor Buraq.

BACA JUGA:Lima (5) Nabi dan Rosul Bergelar Ulul Azmi

Buraq kata Nabi Muhammad SAW dalam hadistnya adalah hewan berwarna putih bersayap, dikedua pahanya . Ukuran tubuh lebih besar dari Keledai, namun lebih kecil dari Kuda atau Bhigal . Buraq ini memiliki kecepatan melebihi dari kecepatan cahaya.  Perjalanan itu untuk  menerima perintah salat 5 waktu, beliau tempuh hanya dalam satu malam saja. Peristiwa ini Allah abadikan dalam Al-qur’an surat Al-Isra’ ayat pertama

 سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Artinya: Mahasuci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya) agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat (Q:S al-isra' ayat :1)

 

2.      Membelah bulan

Diantara Mukzizat yang paling besar dari Nabi Muhammad SAW adalah terbelahnya bulan. Peristiwa ini akan selalu dikenang sepanjang zaman. Peristiwa ini terjadi pada bulan syakban.

BACA JUGA:Doa Nabi Yunus AS, Terbebas Dari Perut Ikan Paus

Firman Allah SWT dalam Al-Qur;an surat Al-Qamar ayat 1-2

بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ

اِقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانْشَقَّ الْقَمَرُ

وَكَذَّبُوْا وَاتَّبَعُوْٓا اَهْوَاۤءَهُمْ وَكُلُّ اَمْرٍ مُّسْتَقِرٌّ

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi maha penyayang

1.            Saat (hari Kiamat) semakin dekat, bulan pun terbelah.

2.          Dan jika mereka (orang-orang musyrikin) melihat suatu tanda (mukjizat), mereka berpaling dan berkata, “(Ini adalah) sihir yang terus menerus.”

BACA JUGA:Simak! Bacaan Doa Nabi Yunus a.s Lengkap Bacaan Arab dan Latin Wajib Kamu Ketahui

Sahabat Nabi Annas bin Malik Mengisahkan saat itu kaum musyrikin Quraish meminta kepada Nabi untuk memperlihatkan suatu tanda (mukzizat) maka terbelah rembulan.

3.      Keluar air yang memancar dari sela-sela jarinya

Dari sahabat Anas Bin Malik RA menceritakan seperti yang disampaikan dalam hadist riwayat Imam Bukhari dan Muslim

“Saya melihat Rasulullah SAW dan saat itu waktu Asar telah tiba. lalu  manusia mencari air untuk  berwudhu, tapi tidak memperolehnya. lalu ada seseorang membawa air untuk berwudhu. Maka beliau meletakkan tangannya kedalam bejana air itu dan menyuruh semua orang berwudhu dari situ. Anas Bin Malik berkata, ‘’Saya melihat air keluar dari jari-jari beliau SAW, sehingga semua orang bisa berwudhu dengan air itu

4.      Menerima Kita Suci Al-Quran

Kita suci inilah yang menjadi Mukzizat Nabi Muhammad SAW yang paling besar, sebab Al-quran adalah petunjuk hidup bagi seluruh manusia agar dapat selamat hidup di dunia dan di akhirat  (iaa) ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: