Pesepeda Dunia Jasper Philipsen Juara di Etape 11 Tour de France

Pesepeda Dunia Jasper Philipsen Juara di Etape 11 Tour de France

JAKARTA, RADARPENA - Jasper Philipsen meraih kemenangan keempat di etape ke-11 Tour de France. Philipsen suses meraih quattrik setelah di rikungan terakhir berhasil mendapatkan celah untuk meraih tempat pertama.

Pada etape ke-11 yang dilaksanakan Rabu, (12 Juli 2023), Philipsen sukses mengungguli saingannya Dylan Groenewegen (Belanda), sementara posisi ketiga ditempati oleh Phil Bauhaus.

Pada race dengan rute 179,8 km dari Clemont-Ferrand ini, Jonas Vingegaard dari tim Jumbo-Visma tetap memuncaki klasmen sementara dengan selisih waktu yang tidak berubah yaitu 17 detik. Dengan ini Jonas tetap menjaga jersey kuning.

Philipsen harus berjuang sendiri tan rekan setimnya, Mathieu van der Poel (MVDP) yang masih dalam kondisi kurang fit. MVDP harus menghemat tenaganya untuk tetap melanjutkan bapatannya di Tour de France hingga berakhirdi Paris.

BACA JUGA:Sejarah Hari Sepeda Sedunia, Yuk Ikuti Penelusurannya

Philipsen tampil sangat baik di etau ke-11 ini, walaupun tim Jumbo-Visma tampil mendominasi untuk mengamankan posisi Jonas Vingegaard hingga 3 km menjelang finish dan membuka jalan untuk Wout van Aert. Ketika Groenewegen melakukan sprint menuju finish, Philipsen memanfaatkan aliran udara kosong atau slipstream di belakang Groenewegen. Sang pembalap asal Belgia itu akhirnya mampu menyalip Groenewegen asal Belanda dan memenangi etape ke-11 sebagai kemenangan keempatnya di Tour de France tahun ini.

Dilansir dari Cyclingnews, “Rasanya saya sangat senang dan bangga dengan performa saya hari ini, apalagi saya berhasil menang empat kali sejauh ini, jadi saya sangat senang,” kata Philipsen.

“Saya bisa menang tanpa Van der Poel, tentu saja kehadirannya akan membuat lebih mudah. Saya harus berjuang sendiri untuk bisa menemukan celah, saya melihat Groenewegen melakukan serangan lebih awal, kemudian saya bisa menemukan celah dan melewatinya,” sambungnya.

BACA JUGA:Pemkot Masifkan Budaya Sepeda di Kota Bandung

Dengan kemenangan keempatnya di etape ke-11 ini, Philipsen memegang kendali sprint dengan 323 point, diikuti oleh pembalam Prancis Bryan Coqard dengan selisih 145 point.

Philipsen merasa optimis untuk meraih kemenangan di tiga etape tersisia dan meraih jersey hijau secara keseluruhan di akhir balapan di Paris 23 Juli mendatang.

“Sejauh ini saya berhasil memenangkan empat etape dan semoga saya bisa mempertahankan jersey hijau ini hingga Paris nanti. Saya rasa saat ini saya telah membuat jarak yang bagus dan ini memberi saya rasa nyaman untuk balapan di pegunungan Alpen nanti,” tutup Philipsen.

Menikmati Jersey Kuning

Disisi lain, Vingegaard, juara bertahan, menikmati setiap hari yang dihabiskannya dengan mengenakan jersey kuning pemimpin balapan. "Ada banyak rasa hormat terhadap jersey kuning, meskipun beberapa orang tidak peduli," kata Vingegaard.

"Saya menikmati mengenakan jersey kuning setiap hari, ini adalah jersey terbaik dalam balap sepeda."

Etape 11 meninggalkan kota industri Clermont-Ferrand, tempat perusahaan ban Michelin berbasis, dan menuju ke arah timur laut ke Moulins ketika balapan semakin mendekati Pegunungan Alpen.
Ini adalah etape yang sebagian besar datar yang berlangsung di bawah langit mendung dengan suhu yang jauh lebih rendah, dibandingkan puncak suhu 38 derajat Celsius pada hari Selasa.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: