Sayur Asem, Padat Gizi Untuk Kesehatan Tubuh

Sayur Asem, Padat Gizi Untuk Kesehatan Tubuh

JAKARTA, RADAPENA - Gerakan ayo, makan sayur-sayuran, bisa dimulai dengan memilih sayur asem. Sayur asem merupakan sayur Nusantara Kepulauan Indonesia yang sangat digemari seluruh lapisan masyarakat. Hampir seluruh suku-suku di Nusantara mengenal sayur ini.

Tetapi diperkirakan masyarakat Suku Betawi di Jakarta yang mula-mula mengenalkan sayur asem. Sayur Asem memiliki variasi, terutama dari daerah-daerah. Ada yang citra rasa pedas, tapi ada juga citra rasa asam yang cukup kuat. Semua bergantung selera.

Sayur Asem  dinikmati bersama dengan tempe bacem dan goreng ikan sepat asin.  Bisa juga ikan goreng lain, misal ikan Nila maupun ikan Mas. Tidak ketinggalan sambal terasi dan lalapan, antara lain terung-terungan. Sayur asem sangat nikmat dan bergizi. Cocok untuk  semua anggota keluarga. Cara membuatnya juga sangat mudah.

BACA JUGA:Simak Yuk! Resep Ayam Bakar Madu Ala Resto Yang Menggugah Selera

Berikut ini akan akan sajikan cara membuat sayur asem yang nikmat. >>>>>>>>>>>>>>

Bahan-bahan:

  1. Air bersih kurang lebih 2-3 liter
  2. Kacang Tanah yang sudah dikupas 100 gram
  3. Buah melinjo dan daunnya100 gram
  4. jagung
  5. Terung
  6. Kacang panjang 10 batang
  7. Daun Kol 7 lembar
  8. Labu siam  5 buah
  9. Ikan teri 100 gram

BACA JUGA:Resep Ayam Goreng Mentega yang Enak dan Gurih, Yuk Simak!

Bumbu-bumbu:

  1. Lengkuas sejari
  2. Kemiri  1 buah
  3. Bawang Putih 3 siung
  4. Bawang merah 5 siung
  5. Cabe merah 5 tangkai
  6. garam secukupnya
  7. penyedap rasa rasa secukupnya
  8. asam jawa atau asam kandis buah

Masukkan semua bumbu-bumbu selanjutnya ditumbuk , untuk dihaluskan

BACA JUGA:Menu Resep Rawon Kuah Hitam Yang Nimakt Dan Lezat, Cocok Untuk Disajikan Saat Kumpul Keluarga

Cara mengolahnya

Pertama siapkan dahalu air bersih yang akan dijadikan kuah dari sayur asem. Selanjutnya buah melinjo dari kulit luar dan sisakan kulit dalam. Berikutnya potong-potong kacang panjang sehingga menjadi pendek sekitar 2-.2,5 cm. Kemudian dicuci bersih.

Selanjutnya kupas buah labu siam. Saat mengupas labu siam jangan terlalu terlalu, karena akan mengurangi bagian buahnya.Kupas tipis-tipis saja menggunakanpisau dapur yang tajam. Kemudian labu yang telah dikupas di  potong-potong secara memanjang dan dipotong kembali kecil-kecil menyerupai empat persegi, lalu dicuci bersih.

Ambil daun kol, cuci bersih lalu dipotong berukuran lebih kecil. Cuci bersih ikan teri sampai tanggal atau lepas sisa-sisa garam yang menempel dan buang bagian  kepalanya. Potong kecil-kecil jagung dan terung kemudian cuci bersih.

BACA JUGA:Resep Bumbu Sate Kambing Solo Yang Enak Dan Lezat, Dapat Kamu Bikin Untuk Olahan Daging Kurbanmu

Setelah semua bahan-bahan dicuci bersih, selanjutnya rebus air dalam wajan sebanyak 2-3 liter atau secukupnya menurut kebutuhan alias jumlah anggota keluarga yang akan menikmatinya. Setelah itu masukkan bumbu-bumbu yang sudah ditumbuk halus. Setelah air hampir mendidih masukkan  buah melinjo. Setelah hampir matang masukkan pula kacang tanah dan jagung.

Kemudian setelah keduanya matang, masukkan ikan teri, lalu masukkan pula buah labu siam dan daun kol, jangan lupa masukkan potongan-potongan  kacang panjang, terung, kemudian asam jawa atau asam kandis dan garam ditambah sedikit penyedap rasa lalu diaduk-aduk dengan perlahan. Setelah semua bahan-bahan itu terasa lembut dan matang sayu asem siap disajikan dan disantap (iaa) ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: