Yuk Wisata Ke Enggano, Panorama Pulau Nan Indah

Yuk Wisata Ke Enggano, Panorama Pulau Nan Indah

JAKARTA,RADAPENA- Pulau Enggano merupakan  Pulau terluar yang dimiliki Provinsi Bengkulu dan berada ditengah-tengah Samudra Hindia. Luas pulau Enggano sekitar 40.000 ha, yang terdiri dari 6 desa yaitu; desa Banjarsari, Meok, Apoho, Malakoni, Kaana dan desa Kahyapu dengan pusat pemerintahan di desa Apoho. Jumlah pendududk di desa ini sekitar 4.035 jiwa (2020). Secara administratif Pulau Enggano masuk dalam wilayah Kabupaten Bengkulu Utara.

Pulau ini layak menjadi tujuan wisata karena keelokan alam serta olahraga bawah air yang dimilikinya Wisata lautnya yang eksotik dengan deburan ombaknya yang menarik, sangat sayang dilewatkan. Wisatawan bisa menyewa perahu-perahu nelayan lokal untuk  sekedar memancing atau berwisata di sekitaran Pulau Enggano. Di Pulau ini terdapat spot-spot untuk  menikmati air laut yang indah, dengan bantuan penduduk setempat sebagai pemandu

Pemerintah Provinsi mengaku saat ini tengah fokus mengembangkan Pulau ini menjadi tujuan wisata.  Bahkan Pemerintah Pusat melalui Dirjen Perhubungan Udara melakukan subsidi untuk  tiket pesawat Susi Air sehingga menjadi lebih murah . Saat mulai disubsidi sejak Januari 2023 lalu harga tiket ke Pulau Enggano per orang menjadi  Rp 306.920 sedangkan dari Enggano ke Bengkulu sebesar Rp 255.320 per orang.

BACA JUGA:Ingin Merasakan Sensasi Liburan yang Berbeda? Wisata di Kota Surabaya ini Bisa Menjadi Pilihan

Pulau Enggano ini dapat ditempuh menggunakan penerbangan Perintis Susi Air dari Bandara  Fatmawati Bengkulu ke Bandara Ke Bandar Udara Pulau Enggano yang terletak di desa Banjar Sari. Saat penerbangan dari pesawat Perintis yang cukup memuat sekitar kurang lebih 9 penumpang ditambah pilot dan co-pilot, penumpang dari atas pesawat dapat melihat pemandangan laut Bengkulu yang indah.

Penerbangan hanya ditempuh sekitar lebih kurang  45 menit sampai dengan 1 Jam  menggunakan pesawat perintis Susi Air . Pulau Enggano juga bisa dicapai dengan menggunakan Kapal laut Pulau Tello dengan maksimal pelayaran sekitar 10 Jam dari Pelabuhan Pulau Baai ke Pelabuhan Malakoni di Pulau Enggano.

Pulau ini sangat menarik untuk  dikunjungi. Masyarakatnya ramah. Wisatawan Lokal sering saat datang ke Pulau Enggano sering berbaur dengan masyarakat setempat. Wisatawan bisa menumpang di rumah-rumah penduduk selama beberapa hari. Mereka akan menyiapkan tempat tidur dan makan.

BACA JUGA:Rekomendasi Wisata Kaliurang Yang Wajib Kamu Kunjungi Akhir Pekan Nanti Bersama Keluarga

Tentunya dengan cara membayar sejumlah uang yang disepakati lebih dulu.  Pulau Enggano selain memiliki karateristik penduduk yang ramah, disana juga memiliki beberapa perkebunan yang dikelola masyarakat Desa, seperti Jagung, Pisang, Melinjo, Jengkol dan masih banyak lagi. Penduduknya hidup harmonis  rukun dan damai. Mereka akan menyambut wisatawan yang datang dengan riang dan gembira. (iaa)***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: