Enam Macam Buah-buahan yang Bisa Mengatasi Kesulitan BAB

Enam Macam Buah-buahan yang Bisa Mengatasi Kesulitan BAB

JAKARTA, RADARPENA - Buang air besar (BAB), harus rutin dilakukan manusia, untuk  menjaga agar kesehatannya tetap membaik. Namun apa jadinya, jika BAB tersendat. Manusia sebaiknya setiap hari melakukan BAB agar sisa makanan yang tak diperlukan tubuh dapat dikeluarkan. 

Terkadang karena faktor pencernaan yang mengalami gangguan membuat kegiatan BAB tidak rutin. Bahkan dapat terjadi seseorang sudah berhari-hari tidak melakukan kegiatan Buang air besar. Berikut ini enam (6) macam buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk  memperlancar BAB.

  1. Pepaya
    Buah pepaya mudah diperoleh di Pasar-pasar maupun disupermarket banyak sekali yang menjualnya. Harganya juga murah. Buah ini bentuknya besar dan panjang, berwarna merah atau kuning. Rasanya cukup manis dan lembut buahnya. Bisa dimakan langsung setelah kulitnya di kupas atau di buat jus buah pepaya. Selain ampuh untuk  mengatasi BAB. Buah pepaya juga banyak mengandung vitamin A untuk menjaga kesehatan mata.

    BACA JUGA:Buah-Buahan Ini Sangat Bagus Dikonsumsi Dan Dapat Mengatasi Anemia
  2. Pisang
    Sama seperti buah pepaya, buah pisang sangat mudah didapat. Buah ini jika sudah matang berwarna kuning dan kulitnya juga berwarna kuning buahnya sedikit bulat memanjang dan agak melengkung. Rasanya juga manis. Cocok untuk  panganan bagi yang mengalami kesulitan BAB. Di Indonesia banyak sekali jenis-jenis pisang dan nama-namanya. Ada pisang Ambon. Pisang Raja, Pisang Sisir, Pisang Jantan, Pisang Kepok dan lain-lain. Harganya juga murah. Selain ampuh untuk  mengatasi BAB. buah pisang banyak mengandung kalium dan magnesium  untuk  kesegaran tubuh.

  3. Jeruk
    Buah jeruk jika bisa dikonsumsi untuk  mengatasi sembelit atau kesulitan buang air besar (BAB). Buah ini banyak mengandung air, yang dapat mengencerkan feces  dalam tubuh yang mengeras. Selain itu buah jeruk banyak mengandung Vitamin C untuk  mengatasi  dan memperkuat stamina tubuh. Buah jeruk sangat mudah diperoleh. Bisa dikonsumsi langsung atau dibuatkan jus dengan mengambil air dan seratnya.

    BACA JUGA:Intip! Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan, Salah Satunya Baik Untuk Ibu Hamil
  4. Buah Pir
    Buah pir juga berkhasit untuk mengatasi sembelit atau kesulitan Buang air besar (BAB). Buah ini juga banyak mengandung air rasanya juga manis dan segar untuk dikonsumsi. Buah ini sedikit lebih mahal harganya. Tetapi kandungan vitamin dan gizinya sangat baik. Cocok untuk  mengatasi sembelit karena kandungan air didalamnya mampu mengencerkan kotoran di dalam perut.

  5. Buah Apel
    Buah apel , juga dapat dipergunakan untuk  dikonsumsi jika mengalami sembelit atau susah Buang Air Besar (BAB). kemungkinan karena rasanya yang sedikit asam, bisa merangsang pencernaan untuk  kontraksi sehingga memicu perut mengeluarkan kotoran atau memicu membentuk feses.

  6. Semangka
    Buah semangka juga dapat mengatasi sembelit atau kesulitan melakukan BAB. Buah ini banyak mengandung air, dan kaya vitamin yangd diperlukan tubuh. Memakan semangka akan merangsang feses keluar (iaa)***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: