Buah-Buahan Ini Sangat Bagus Dikonsumsi Dan Dapat Mengatasi Anemia

Buah-Buahan Ini Sangat Bagus Dikonsumsi Dan Dapat Mengatasi Anemia

JAKARTA, RADARPENA -  Anemia ditandai oleh warna kulit yang memucat, kerja fisik yang menurun seperti lemas dan lesu, serta penurunan daya tahan tubuh sehingga mudah terserang penyakit.

Salah satu penyebab utama anemia adalah kekurangan zat besi dan asam folat. Beruntung, kedua zat gizi tersebut dapat dengan mudah kita temukan dalam buah-buahan.

Penderita anemia terutama anemia defisiensi besi perlu mengonsumsi makanan pendukung, termasuk buah penambah darah.

Anemia sendiri merupakan kondisi saat tak ada cukup sel darah merah sehat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

BACA JUGA:5 Tips Ini Dapat Membantu Kamu Untuk Mengatasi Kulit Tubuh Yang Sensitif

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, anemia menyebabkan beberapa gejala, termasuk merasa kedinginan, kelelahan, lemas, sakit kepala, dan kulit pucat. Sesuai namanya, anemia defisiensi besi memerlukan asupan zat besi untuk memproduksi darah merah. 

Oleh karena itu, penderita anemia jenis ini perlu mencukupi kebutuhan zat besi, salah satunya dari konsumsi buah-buahan penambah darah. 

Lantas, apa saja sih buah penambah darah yang dapat mengatasi anemia? Yuk, simak artikel dibawah.

BACA JUGA:Penyebab Gigi Ngilu Dan Cara Mengatasinya

1. Jambu biji 

Buah penambah darah yang pertama yakni ada pada jambu biji. Jambu biji merupakan salah satu buah yang sangat mudah ditemukan di pasaran. Buah ini sangat baik untuk meningkatkan kadar darah karena kandungan zat besi, vitamin A dan C, kalium, dan antioksidan yang cukup tinggi.

Zat besi pada jambu biji berperan penting dalam membantu tubuh menghasilkan sel darah merah baru dan meningkatkan kadar hemoglobin. Jambu biji juga mudah diolah dalam berbagai bentuk, seperti dimakan langsung atau dijadikan jus, sehingga memudahkan konsumsi sehari-hari. 

2. Pisang 

Pisang adalah salah satu buah penambah darah rendah yang kaya akan kandungan folat. Kandungan 24 mikrogram folat dalam 1 buah pisang berukuran sedang berguna untuk membentuk sel darah merah dalam tubuh dan mengatasi anemia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: