Viral, Bocah 11 tahun Dimarahi Orang Tuanya Karena Bermain Roleplay, Apa itu Roleplay? Apa Bahayanya?

Viral, Bocah 11 tahun Dimarahi Orang Tuanya Karena Bermain Roleplay, Apa itu Roleplay? Apa Bahayanya?

JAKARTA, RADARPENA - Sedang viral beredar di media TikTok, sebuah video ketika seorang bapak memarahi anaknya karena bermain RP atau Roleplay, Role Player, atau Role Playing. Pasalnya, anak tersebut burusia 11 tahun namun bermain RP menjadi orang dewasa sampai mempunyai anak.

Apa itu RP? Mengapa sampai begitu marahnya sang bapak? Yuk kita bahas bersama apa itu Roleplay.

Pengertian Roleplay (RP)

Roleplay jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah "bermain peran".  Mengadaptasi dari pengertian itu, RP adalah sebuah permainan di mana para player atau pemain mengambil peran karakter mereka dan seacara bersama atau bekerja sama membuat cerita.

BACA JUGA:

Pemain biasanya membuat karakter kesukaan, bisa sebagai artis idola atau tokoh terkenal, baik di dalam atau luar negeri. Permainan ini dilakukan secara tim atau grup.

Sebenarnya RP bukanlah permainan baru, namun belakangan menjadi hits dibicarakan di media sosial. Telebih lagi adanya video viral seperti disebutkan diatas.

Pemain RP harus bisa memerankan karakter yang dipilihnya secara virtual melaui teks atau video tanpa mengungkap jati diri mereka.

Permainan ini sebenarnya tidak berbeda dengan bermain peran ketika kecil. Bedanya, anak remaja kini memainkan roleplay atau RP lewat aplikasi di dalam HP mereka.

BACA JUGA:

Tema yang dimainkan pun kian beragam. Namun, biasanya perannya tak jauh dari sosok yang diidolakan. Ada beberapa permainan roleplay bertema member K-pop, anime, hingga selebriti Hollywood.

Di TikTok sendiri, roleplay dapat berarti mengambil peran karakter fiksi, selebriti, atau bahkan tokoh sejarah dan mengungkapkan diri melalui video pendek.

Cara Memulai Permainan

Pengguna TikTok yang terlibat dalam permainan ini biasanya menciptakan konten yang mencerminkan karakter yang diperankan, termasuk dialog, tindakan, dan penampilan yang sesuai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: